Tuesday, October 21, 2008

KPR...

Wuzzz...gw sm suami lg pusing neh masalah KPR buat rumah, hihihi, secara ini pertama kali nya mo proses utang yg gede banget sama bank...

Udah survey hampir semua bank, dari mulai suku bunga yang mereka tetapkan sampai persyaratan yg mereka inginkan, dan jg survey mengenai kenyamanan debitur ambil kredit dr bank tersebut. Nah yg skr ini pengen gw lakukan adalah mendapatkan informasi ttg kenyamanan kredit di Bank BNI, maaf sebut nama...soalnya biar jelas jg dapet infonya...

Boleh donk para MPers berbagi info, kl memang anda sekalian ada yang debiturnya BNI, apakah bank ini cukup make sense menerapkan suku bunga ketika masa floating sudah berlangsung, krn berdsrkan info yg didapat, ada bbrp bank yg ketika awal kredit masih fixed bunganya, mereka menerapkan suku bunga yg standar, tetapi ketika memasuki masa floating suku bunga yg diterapkan mulai tidak masuk akal...nah gak pengen banget kejebak urusan beginian, krn ada teman yg sampe over financing ke bank lain krn masalah suku bunga tersebut.

Thanks in advance buat informasinya yaaaa...

16 comments:

  1. Sorry belum pernah ada pengalaman sama BNI Win, selama ini aku pake Niaga dan NISP. Klo NISP dia bank tradisional, nggak pernah ngumbar suku bunga, dari awal udah selalu lebih tinggi dari yang lain tapi begitu suku bunga floating dia lebih masuk akal dibandingkan yang lain.

    Bank Niaga standard seperti bank-bank yang lain. Dulu waktu dapet yang fixed masih lumayan begitu masuk floating rate masih wajar cuman begitu floating trend nya turun, susah bener yaaa turunnya kekekeke...turun juga sih tapi dikiiitttt....Niaga klo udah masuk floating mainnya di tengah-tengah :-)

    Just be ready aja Win, trend nya tahun mendatang rate untuk kredit naik terus...begitu bocoran temen-temen di Capital Market dan Corporate Finance Bank.

    ReplyDelete
  2. Wah, info yg sangat berharga...thanks banget Mba Dewi...aku akan masukin dalam list informasi ttg bank...hehehe
    Masalah suku bunga untuk kredit naik terus, aku jg dah denger tuh Mbak, cm ya hrs thn ini ditargetkan untuk KPR nya, kl nggak, gak bakalan punya rumah...hiks...hiks...krn setiap tahun harga rumah pun melangit...semoga rejeki dilancarkan terus...aminnn

    ReplyDelete
  3. Bener kata mba dewi joris (Salam kenal yach mba) untuk BANK NIAGA dia selalu make di tengah2... tp tetep aja untuk pembayaran perbulannya di tentuin kita kok dan tiap bulan bayarnya sama dengan jumlahnya. Soalnya gw juga make niaga untuk kredit mobil.

    Coba ke BANK DKI uda blum? ini juga ok kok... Gw pake BANK DKI buat bikin rumah....

    di coba cari informasinya aja ke NIAGA & DKI.

    ReplyDelete
  4. Hihi...aku jg dah dikejarin org bank u/ Akad bulan ini mbak ;)

    ReplyDelete
  5. Untuk yg Niaga, gw dah cek Lan, saat ini mereka sedang tidak terima aplikasi, makanya majang bunga 16.5% fixed 1 thn...

    Kalo bank DKI, udah hub mkt nya tp kok belum sreg ya, soalnya dia gak f/u lagi tuh, males gw nya jadinya...mknya skr ini lg ngeker BNI sm NISP

    ReplyDelete
  6. Wah dirimu enak dah tingal akad Ir, akyu baru mulai nehhh...

    ReplyDelete
  7. wah wah mbak win lg sibuk ngitung2 nih...
    klo gak sekarang kapan lagi ya mbak, nanti gak beli2 rumah klo gak berani..

    btw aku gak bisa bantu ni ttg KPR, aku soale ambil kpr dr ktr bayu, mayan mbak fix selama 15taon..
    mudah2an lancar ya mbak, jgn lupa undang house warming :)

    ReplyDelete
  8. wah enak dpt fasilitas kantor yg full Mi, krn Tyo br kerja belum setahun di ktrnya skr, dia belum bs di cover full, mknya aku ambil kpr dr bank deh...

    *undangan house warming ditunggu yaaa...hehhe

    ReplyDelete
  9. wah aku gak punya pengalaman ama bank2 itu Win. Utk rumah aku pake Panin Bank. Semoga cepet terrealisasi yaaaak

    ReplyDelete
  10. sip Mbak, gpp kok, kali aja ada yg experience, tp semua info masuk aku pasti cek...thanks banget...amiinn..mudah2an mudah dan lancar semuanya...

    ReplyDelete
  11. aku berdasarkan masukan dari ortu make KPR BTN ...flat setahun jadi tiap tahun bunga di adjust sesuai bunga tahun berjalan dan dah 2 tahun ini turun tuh bunganya...:)

    ReplyDelete
  12. duh blom ada rencana beli rumah euy.. walo udah suka mupeng kanan kiri.. sayang rumah di bukit muahal pisan :(

    ReplyDelete
  13. hihi, ayo buruan beli, harga rumah makin mahal...paraahhh deh pokoknya...

    ReplyDelete
  14. Mbak Winda, maaf nga bisa bantu untuk bank BNI. Kalau kita ambil Bank NISP, sama seperti Mbak Dewi bilang, dia bunga-nya memang lebih tinggi dari bank lain, tapi fair kalau memang turun banyak, dia akan turunin juga suku bunga-nya. *pernah ngerasain bunga 16% dan akhirnya turun ke 12%... nga tau tahun depan naiknya berapa hiks....* :)

    ReplyDelete
  15. Thanks for info Tin, sudah deal dengan BNI di 14.5% fixed 1 tahun, Alhamdulillah, tinggal nunggu akad aja neh...hihi

    ReplyDelete