Tuesday, June 15, 2010

[Share] yang sulit diubah..:p

Hasil membaca buku dengan judul The Miracle of Enzyme (Hiromi Shinya, MD), dan hasil ngobrol (ceting lebih tepatnya), dengan emak hebat nan populer, jadilah tulisan ini dibuat juga sebagai pengingat bahwa saya berusaha berubah, yak mengubah pola hidup saya dan keluarga, Devan dan si Ayah

Kalo  diceritain pola makan saya, lumayan cukup berantakan, hihih, pagi kalo lagi rajin bikin sarapan sehat, bawa roti isi tuna mayo dan daun selada, atau sekedar nasi goreng sosis, buat si ayah juga. Kalo lagi malas, sarapan di kantor macam gorengan pake sambal kacang (asli, ini ga sehat tapi ni'meh banget, hihi).
Siang, makan seadanya yang didapat hari itu, tapi seringannya makan gak sehat, daging2an semisal sate, sop buntut, steak, jaranggg banget makan sayuran.
Malem sampe rumah, makan makanan buatan ART, yang ini masih lumayan, karena sebelum berangkat kantor di pagi hari, sudah wanti2 lebih dahulu sama ART untuk menyelipkan sayuran dalam menu makan malam.

Nah, kalo wiken lebih kacau lagi, pengakuan dosa neh, saya malas banget masak *jadimalu*, bukan karena gak bisa, tapi punya kebiasaan jelek menggantungkan urusan masakan sm ART, dan kebeneran ART saya masaknya enak, dan kami seringnya cocok daripada nggak, jadilah begitu Terkadang, kalo pas-pasan lagi pergi keluar ketika wiken, pastinya makan diluar dengan makanan yang lagi diinginkan hari itu, tetapi seringnya seafood, sebangsa udang, cumi, kepiting, kerang2an oh how I love seafood , saya sanggup menghabiskan seporsi kepiting lada hitam dengan ukuran jumbo sendirian, kerang dara rebus 2 porsi, atau bahkan hampir 10 tusuk udang bakar kecapnya D'cost, sampe sering diledek teman2, "enak juga ya Win, makan sebanyak itu badan mah masih tetap langsing, wakakaka...tapi yaa gak heran terakhir general check up 1.5 tahun lalu, tingkat kolesterol saya 245mg, gak tau sekarang ini berapa indexnya, karena saya belum general check up lagi, kacauuuu...nahh tapi anehnya udah tau kalo ada yang gak beres sama tubuh ini, masih aja cuek ga berubah atau diet kolesterol.

Entahlah sulit banget mau berubah, terkadang saya merasa sehat2 saja, saya merasa masih sempat olahraga seminggu 2x, hiphop dan taebo, saya merasa belum ada keluhan yang berat selain pusing kalo abis "makan enak", saya merasa selalau minum air putih di kantor selama 10 jam sebanyak 1.5 L, dan perasaan-perasaan lainnya yang lebih berupa ke arah mencari pembenaran yang semu...hmmmm

Waktu ultah ke 31 Feb lalu, salah satu resolusi yang terpikirkan adalah menjadi Vegetarian, tapi  seiring waktu niat itu luntur berbarengan dengan makanan2 enak yang saya telan hampir setiap harinya, ckckckck, kapan insafnyaaa...

Setelah dapet info tentang buku ini dari sini, hehehe, sayapun langsung membelinya kemarin siang, dan ngebut baca td malem sampe tadi pagi, saya resapi tiap tulisan, saya maknai artinya sambil diskusi dengan si Ayah di perjalanan kantor tadi pagi, walhasil baru berhasil diskusi untuk sepertiga halaman, tadi pagi langsung tercetus begitu saja, saya mau mengurangi daging dan seafood, sebelum akhirnya menjadi vegan sejati, ini mah masih lamaaa, wkwkwkwkw, ya minimal ngurangin dulu deh...

Saya masih belum tahu apakah saya mampu, tetapi saya akan berusaha....Bismillah...dan makan siang tadi, menu saya hanya sup sayuran (kentang, wortel, buncis), aslinya ada dagingnya, dan saya sisihkan semua dagingnya + tahu tempe bacem, ditutup dengan buah potong dan 2 gelas air putih, ahhh bangga banget rasanya...lebayyy
, yah minimal ini awal perjalanan saya berikutnya dalam memperbaiki pola makan saya...dan semoga bukan cuma jadi sekedar niat atau resolusi seperti bagian keinsafan saya untuk tidak hidup boros, hehehehehe...saya akan tetap lanjutkan pola hidup yang menurut saya sudah baik seperti kebiasaan minum air putih dan berolahraga...amiinnn

*ket foto: kepiting lada hitam oleh2 ayah dari Balikpapan, yang lagi dipanasin di wajan

38 comments:

  1. yaa kita kan mo makan sop kambing ma sate kambing win.. ga jadi dong?? hihihi *jail banget deh gw ;p*

    ReplyDelete
  2. duh Win..itu kepiting menggoda iman banget siiihhh! iya padahal badan kita langsing kenapa bermasalah sama kolesterol ya...*ngaku dosa..kolesterol gw juga di atas ambang batas maksimum*
    semangaattt lagi yah Win! :)

    ReplyDelete
  3. i dnt like seafood dan sebangsanya.... lahh iyalahh... alergi... hehe

    ReplyDelete
  4. huaaaaa kepiting lada item favorit gue......

    ReplyDelete
  5. Mantep emang pola makan lo, hahaha...
    Gw asli pas hamil Adil bener2 perbaiki pola makan sampe saat sekarang menyusui, sehari makan hrs ada sayur dan emang gw orgnya bukan pejajan sejati alias doyan makanan rumah dmn d rumah selalu disediain sayur dan lauk. Setiap hari istirahat siang, gw selalu beli menu sayur dan lauk (sayur apapun itu, pokoknya sayur), lauk ya plg biasanya ikan, ayam, cumi dan udang, gitu2 aja. Sate terus terang gw ga suka, kecuali sate ayam. Seafood juga makan tapi ga trlalu sering soalnya boros, hahahaha...plg klo lg kebetulan jalan keluar ma si boss (papa) baru deh nyifut (seafood), hihihihi...

    Btw, itu yg difoto enak bener romannya. Kirim2 donks ah kemareee...!

    ReplyDelete
  6. Ayo semangat .... kurangi makanan yg berkolesterol :)....

    ReplyDelete
  7. *kepitingnya bikin ngiler..kalo seafood emang susah mbak ngilanginnya soalnya dimasak apapun mantab hehee..

    ReplyDelete
  8. duhhh, kepiting oleh2 dr balikpapan emang maknyusss :D
    *malah kepitingnya yg dicomment :))*

    ReplyDelete
  9. Gue ngaku dosa jg nih, pemakan segala hehehe

    ReplyDelete
  10. kkkkkk, give up deh gw, makanan yang loe sebutin itu juga termasuk makanan fave gw...jauh2 dehhhh...hihihi *fitri jailllll

    ReplyDelete
  11. Wueh sama mbaaaak Win (umur 31 kan? Mbak dong brarti?). Yuk kt sm2 menuju vegetarian. Ak br bc buku bagus niy ttg alasan kenapa sebetulnya manusia dilahirkan jd herbivora. Emang secara alami kt ini kan sebenernya pemakan tumbuhan. Tp bener bgt yg paling susah ditinggalin adalah seafood. Apalg sushi....aduh bikin niat goyang2 aj. Ak vegan pas umur 30 aj kali yee (4taun lg dipuas2in dulu makan seafood). Eh mbak Win, emang kolesterol yg normal brapa siy?

    ReplyDelete
  12. langsing bukan ukuran sehat juga Tin, hahaha, kalo kata pak Prof jepun, sitilahnya penyakit dorman...istilah ini menggambarkan kondisi orang yang belum jatuh sakit, tetapi juga tidak sepenuhnya sehat :), nt gw review isi buku si prof Sinya ini ya Tin, bagus banget buat referensi :)

    ReplyDelete
  13. iya betul! langsing nga jaminan sehat hiks..hiks...baru menyadari setelah general check up dari kantor...ternyata gw nga se-sehat yang gw pikirkan :(
    oke sip2 Win..mau yaa di review :) TFS say! :)

    ReplyDelete
  14. beruntunglah kau Mbaaaa....heheheh...

    ReplyDelete
  15. samaaaa, hahaha, tapi gw gak rela kalo makanan itu yang merusak tubuh gw Mba Rit, jiahhh bahasa gw yak...hihihi, yaaa yang penting usaha, mumpung belum terlambat...:)

    ReplyDelete
  16. pertahankan pola makan yang udah ada sekarang, malahan lebih baik lagi kalo ngurangin daging dan seafood Vi...btw tuh kepiting dah masuk perut gw semuaaa, ahahahah, jangan2 itu kepiting terakhir yang gw makan, prettt lebayy deh ah gw...baru jg komit, belum ada pencapaian berarti...ihihi

    ReplyDelete
  17. haduuuhhh kepitingnya bikin ngilerrr...lha kl kurusnya kaya saya, kolesterol masih biasa tp kadar gula rendaaah bgt gimaneeee?? hiks...

    ReplyDelete
  18. ihihihi, saya udah tuir yak...amiin Tika semoga bisa sama2 mewujudkan pola makan sehat yaa..
    Btw index kolesterol total yang normal adalah di bawah 200mg, nanti saya posting lebih detail tentang kolesterol ini yaa...:D

    ReplyDelete
  19. heheh, iyaa Nel, makanya belum bisa stop total, tapi minimal ngurangin, dan komitmen kali ini sungguhan :p

    ReplyDelete
  20. *lempar kepiting di wajan ke Arien, wakakakakkaka, endang surendang banget ya Rien...:p

    ReplyDelete
  21. bhihihihi, tanya dokter aja ya Mba Nia, kalo kolesterol vs kadar gula yang rendah, ga tau gimana hubungannya ini mah, soale baca buku MoE nya ajah belum kelar...:p

    ReplyDelete
  22. tunggu gw selesai baca bukunya dulu ya Tin :)

    ReplyDelete
  23. sama ma vivie nih.. gw bs dibilang pemakan sayur banget!! ditambah hamil skrg, menu sehari2 harus ada sayurnya.. beruntung di rumah nyokap juga selalu bikin sayur karna buat bokap yang sakit dan ga boleh makan aneh2.. jadi lah gw nebeng menu sayurnya bokap hehe... kalo makan di rumah, gw selalu nggadoin sayur semangkok sendiri!! *doyan apa rakus yak? beda tipis ;p*

    ReplyDelete
  24. waah, niat mulia yg harus didukung nih, hehe. btw, ngga kepikiran pesen maniapasta lagi nih win? kikikik *setan berwajah bumil*

    ReplyDelete
  25. Sejujurnya gw bukannya ga suka kepiting yeee..
    Gw cuman ga bisa makan kepiting kaya org2 gt ampe bener2 bersih, gw ga sabaran...
    Yg ada, klo lg makan bareng2 nih. Gw msh asyik ngupas2 kulitnya, yg laen dah berganti menu. Uuuuhhh...ujung2nya gw sewot sndiri, gara2 ngakalin kulit kepiting yg suseh gw jd ga dpt makanan yg laen. Akhirnya gw lbh pilih menu yg simpel aja klo makan seafood, yg sebangsa udang keq, cumi keq, kerang atau plg ikan bakar ma cah kangkung aja dah, itu dah niqmat tiada tara tanpa diganggu ma tuh si cangkang yg susah dilumat, hahahaha...

    ReplyDelete
  26. Ohhh mau donk Wie, tunggu aja ya bumil...hehehe

    ReplyDelete
  27. nggaakkkk, kkkkkkk *ampun dijeee godaan datang silih berganti*

    ReplyDelete
  28. hehhehe emang tuh kepiting mengoda iman bgt yah...
    semoga sukses ya vegetariannya ^__^

    ReplyDelete
  29. eh, itu td maksutnya gue godain elu win, hihihi. maniapasta kan full lemak tuh, daging, keju, susu... tapi emang enak sih... *pede aja drpd minder*

    ReplyDelete
  30. huihihihi, tenang ajaa gak bakalan gw makan sendirian, makanya ntar pesennya kalo pas ada event :p

    ReplyDelete
  31. hihihi, iya Mbakk, paling susah menghindar dari godaan yang satu ini, kalo daging2 aja siy, bisa deh... ;p, amiinn bisa jadi Vengan beneran :D

    ReplyDelete
  32. aku juga suka semua jenis makanan laut...untunglah ada misua yg ngga begitu suka, jadi ada remnya...sukses ya win buat programnya...gw mulai pas 30 th aja lah..*msh 2 th lagi* :D

    ReplyDelete
  33. hihihi, sama banget Rin, misua jg gak begitu suka krn alerg, tp bukannya jd rem untuk gw malahan gw enak2an menikmati sendirian :p, makanya skr hrs beneran komit neh, udah diatas 30taun booo ^^

    ReplyDelete
  34. gw sih jujurly aja dah, masih beratttttttttt harus berpisah dengan pola makan enak :-))
    Win, baca blog nya temenku nih http://enzymer.wordpress.com/ cuman sayang sekarang dah gak di update lagi. Dia juga langsung terinspirasi setelah baca buku Miracle of Enzyme.

    ReplyDelete
  35. Dy, meluncurrr...btw emang butuh komitmen n disiplin tinggi, hihi, gw aja baru mau coba dan gak muluk2 dulu, yang penting bs mengurangi, sukur2 bs selamanya disiplin dengan pola makan yang baik, hehehe, tks yaa

    ReplyDelete