Monday, May 2, 2011

[Devan] Lanjut TK or tetap PG??

Senin lalu, ada pertemuan ortu siswa di sekolah Devan, tujuannya mendata mana siswa yang akan lanjut ke TK di sekolah itu juga, dan mana yang tidak.
Dan bahkan disediakan konsultasi untuk ortu masing2 siswa untuk berdiskusi apakah anaknya sudah layak lanjut TK atau belum...

Kesempatan itu bunda gunakan untuk konsul banyak2 dengan gurunya, maklum karena Bunda tidak punya background tenaga pendidik ataupun psikolog, dan jujur Bunda masih ragu apakah Devan akan melanjutkan ke TK atau tetap di PG dahulu sampai kecakapan emosi dan usianya cukup untuk melanjutkan sekolah dengan sosialiasi yang lebih sering (TK masuknya seminggu 5hari).

Sebetulnya Bunda sudah cek metode pengajaran di TK A Al Fajar ini, sekolahnya Devan, dan Bunda lihat keseharian masih bermain2 dengan diselipkan menyanyi, mewarnai, dan belajar huruf dengan gembira, dan pelajaran komputer dan bahasa inggris yang diselipkan, tetapi ada tambahan pelajaran mengenal huruf hijaiyah di tingkat TK A ini, juga membuat prakarya dari kertas, dan juga menggambar sesuka hati, kalo istilah gurunya disana.

Sejauh ini, Devan sudah melewati hampir 1 tahun di PG nya, dan Alhamdulillah banyak perkembangan yang Devan alami, selain kosakata yang semakin banyak, hafalan doa2 pendek, kosakata bahasa inggris yang sedikit2 dia suka nyanyikan dalam lagu2nya. Dan yang paling penting belajar bersosialisasi nya yang semakin nampak dari hari ke hari.

Bisa dibilang Devan anak yang supel, gampang akrab dengan siapa saja, selalu menjawab bila ditanya, dan bahkan suka kepedean nanya2 kalo penasaran, pun dengan orang lain, hihihi

Yang paling lucu saat dia ingin bergabung main basket di lap basket dekat rumah dengan kakak besar, yup dia menyebut kakak2 yang lebih besar darinya dengan kakak besar , dia langsung saja menegur para kakak besar itu, dengan bilang "Kakak besar, aku boleh ikutan main gak? Tapi aku siy belum bisa, ajarin ya Kak"

Wow saat itu bunda tercengang juga dengernya, ga sangka aja dia bisa ngomong gitu, tapi si kakak2 besar ini akhirnya ngajakin dia main basket bareng dan ngajarin Devan gimana memantulkan dan melambung2kan bola basketnya, karena Devan lebih sering menendangnya daripada memantulkan ke lantai, hihihihi

So, sekarang hampir setiap sore dia bawa bola basket kecilnya ke lapangan deket rumah, ohh anakku udah gede ajahhh

Nah, back to topic, sebelum datang ke pertemuan sekolah itu, Bunda sudah diskusi dengan Ayah mengenai keputusan apakah melanjutkan ke TK atau tidak. Kami bikin list dari keseharian tingkah laku Devan, kelebihannya dan kekurangannya, dan kami coba evaluasi apakah Devan yang bisa dibilang masih prematur untuk masuk TK ini akan sanggup bersosialisasi dengan keseharian yang nantinya akan menjadi setiap hari di sekolah sejak pkl. 7.30 - 10.30, 1 jam lebih lama di bandingkan sekarang, tetapi bedanya jadi setiap hari.

Kekhawatiran Bunda adalah jelas, takut devan belum siap dengan rutinitas, dan yang paling bikin Bunda khawatir, adalah bila terlalu dipacu di usia dini, takutnya nanti di usia krusial sekolah malah bosan dan ogah2an, wahhh ini neh yang perlu disikapi dan dianalisis dengan lebih seksama...

So, hasil diskusi antara Bunda, 2 ibu guru PG Devan, dan satu psikolog sekolahnya, Ibu Guru yang juga melihat keseharian Devan di sekolah, bahkan pernah visit ke rumah untuk melihat lingkungan rumah menyatakan bahwa Devan siap masuk TK, berdasarkan dengan hasil evaluasi selama bermain di PG.

Psikolog melihat hasil evaluasi dan perkembangan, bahkan melakukan wawancara singkat dengan Devan, beliau pun bilang Devan sudah bisa.

Tapi kenapa ya Bunda masih punya ketakutan dan kehawatiran yang diatas tadi, takut kebosanan Devan malah muncul disaat usia krusial sekolah. Bunda sempat tanyakan dan kemukakan soal kekhawatiran Bunda itu pada guru2nya dan juga si psikolog, ibu Guru bilang, semoga dengan konsep yang diterapkan di sekolah itu, yang notabene menekankan bermain adalah lebih penting daripada belajar karena memang belum waktunya, tidak membuat Devan bosan dan lelah. Dan beliau juga menyarankan apabila nampak kebosanan, tidak ada paksaan untuk sekolah, tetap melihat kesiapan si anak sendiri. Jadi kalo nanti di TK A, tyt dilihat belums iap lanjut ke TK B, ya tetap di TK A saja.

Si Psikolog itu sendiri juga mengemukakan sepanjang otak si anak hanya diberikan masukan positif sepanjang masa golden age nya kecenderungan kematangan emosi akan berjalan sesuai dengan usianya dan dalam tahapan normal, artinya lingkungan rumah adalah pendukung utama untuk terjadinya ini, karena lingkungan sekolah akan berusaha untuk menyesuaikan dengan lingkungan rumah, jadi sebaiknya kebiasaan2 baik yang sudah ditanamkan di rumah tetap akan terasah selama di sekolah, dan bahkan akan menyempurnakan perkembangan si anak...so seharusnya kondisi kebosanan di saat krusial sekolah dapat dihindari.

Hmm, sedikit lega denger guru dan psikolognya ngomong gitu, tapi baru sedikit, hehehe

Nah, mommies MPers tercinta, sharing donk kira2 apa yang akan dilakukan bila menghadapi persoalan yang sama kaya saya ya?

Ow iya, usia Devan saat TK A nanti adalah 3.10 tahun...

Nanti ditambah istikharah juga deh supaya dapet kekuatan hati dan petunjuk dari Allah, apakah Devan akan lanjut ke TK A atau tinggal di PG saja dulu setahun lagi

53 comments:

  1. aduuuuuuuuuhh tante windseee...jurnalmu baguus sekalii...
    aq menyimak saja y ntee...malah mo blajar dr sharingmu...
    btw kmrn devan ke PG usia berapa ya?..

    ReplyDelete
  2. devan nanggung ya umurnya sama ama deven hehe hampir sama jg namanya.. aku malah skip PG dan lsg TK umur 3th9bln(lahir bln Nov). sblm masuk sih di wawancara dulu ternyata udah bs ke di TK ya udah. selama sekola ga dipaksakan dibiarkan mengalir aja.. dan malah minta sekola tiap hari, lg demam jg ngotot minta sekola ga ngerti apa yg menarik diskola ampe minta sekola tiap hari kalo libur nanya trs kapan sekola,kl ditanya disekola ngapain dia jawab rahasia,sekolaku itu rahasia... SDnya jd satu ama TKnya. jd nanti konsul lg kalo mau masuk SD, ngulang TK lg apa bs lsg SD nanti aja pusingnya hehe

    ReplyDelete
  3. kalo aku masukin zahra ke TK A pas umurnya 4thn, hampir sm nih kyk umur devan, dulu aku mikirnya kalo zahra masih males2an dan ga mau sekolah yg setiap hari (senin/jumat) ya udah aku biarin aja masuknya 3x seminggu,tp zahranya seneng dan alhamdulilah bonusnya udah bisa membaca, jd tergantung kemauan devan aja mb win udah mau masuk TK apa ngga coba ditanyain dulu ke devan

    ReplyDelete
  4. nawra 3.6 tahun nanti baru mau masuk PG win..itu aja aku msh maju mundur ngliat kesiapan dia....jd belum bs ngasi masukan nih win

    ReplyDelete
  5. iyeee mak risoyyy, hihihi. Devan masuk PG 2.10 tahun...

    ReplyDelete
  6. iya neh mbak Vit, namanya mirip, hihihi. Iya siy Devan pun selama PG ini tidak pernah bermasalah, bahkan bisa dibilang dia semangat banget sekolah, malah kalo diajakin bolos sm aybunnya (jangan ditiru yg ini, hihi) dia selalau nanya, knp Devan gak sekolah hari ini Bund? hehehe, kalo ditanya, selalu bilang mau sekolah :)

    ReplyDelete
  7. iya Mbak Fit, Devan siy kalo ditanya, selalu bilang mau TK, aku tawarin tetep PG dia gak mau, hihihi, soalnya udah punya temen2 deket gitu di kelasnya, jd dia slalu bilang, nanti bareng sm Denad, Rayyan, dan Rafi ya Bund (gitu selalu)...hmmm, masuk dalam pertimbangan deh...

    ReplyDelete
  8. iya ya Dee, Devan dulu PG nya 2.10 tahun, memutuskan untuk masukin dia juga saat itu, karena dia nya yang minta sekolah...yo wis nt kita simak pendapat para pakar disini deh, hehehe

    ReplyDelete
  9. mirip2 dhanik... ntar dhanik masuk TK bulan juli itu 3 thn 11 bulan :D hehehe.. malah gak pake PG .. bakalan langsung masuk 5 hari berturut2... woww..

    kalau aku, mungkin nanti di awal2 TK aku gak akan paksain untuk masuk setiap hari seh. Misal pas dia lg gak mau, ya udah biar aja dulu di rumah :P wkwkwkwkw...... tp berharap smoga beneran enjoy dan kaya Devan dan Deven, yg malah semangat untuk masukkk teruusssss...

    jadi.. bunda... kalau Devannya aja udah yakin, bunda jgn ragu lagi yak ;)

    ReplyDelete
  10. Berdasarkan pengalaman temen2nya Andal, taon lalu ada bbrp temen Andal yg masih mengulang PG. Selain memang krn peraturan sekolah, dilihat dari segi usia belum matang utk masuk TK jadi better Devan mengulang lagi di PG sampe dia bener2 matang secara usia dan mental utk masuk TK.

    Malah kata nyokap gw, Andal terlalu lama sekolah keburu bosan dan gw liat memang Andal belakangan udah males2an sekolah, kadang dia beralasan BOSAN or ada temennya yg nakalin dia, Pokoknya bnyak alasan deh. Thn ini aja dia baru mo masuk TK B.
    Makanya pendidikan formal sebaiknya diberikan saat usia 4thn keatas biar ke depannya si anak ga cepet bosan dgn apa yg namanya sekolah dan rutinitas belajar..*itu sih menurut gw ya, Win...*, do the best deh buat Devan krn tiap anak beda2 dan yg psti emaknya yg plg tau gmn kapasitas si anak..

    ReplyDelete
  11. ya ampun Devan itu masih belum 4tahun? tampak guede n dewasa padahal yaa...

    aku belum punya pengalaman sih mbak. tapi diitung2 kalo TK A umur 3th10bl. nanti TK B 4th 10bl. SD ..5th 10bl dong ya?

    ReplyDelete
  12. bu wind.... kebingungan yang sama yg aku alami kmrn saat memutuskan si kaka mau TKA or tetep di bimba. just to share yaa...
    Aku dan ayah mencoba observasi dg kegiatan si kaka saat ini, bimba seminggu 3x, frekuensinya pun hanya 1,5jam per pertemuan, sorenya si kaka TPA dari jam 4 sampe setengah 6, senin-kamis, dan sekarang alhamdulillah si kaka dah hafal alphabet dan bisa ngeja, udah bisa iqro dan hafal huruf hijayah.
    dan ketika akhirnya aku memutuskan kaka daftar ke TK A, kamipun konsul dulu ke guru Bimba, curhat sama sepupu yg emang psikolog, kemudian mentrial si kaka di TK yang dimaksud sampe 3x, 3hari berturut-turut mulai jam 8-11, hasilnya so far si kaka enjoy, namun aku ga berani seneng dulu krn trial nya ini kan baru 3 hari.
    kemudian konsul sama kepala sekolahnya, krn aku masih ragu, si kaka dipanggil ke dalam ruangan lalu diinterview oleh kepsek nya, diajak ngobrol, hasilnya?? si kaka bisa menjawab pertanyaan yg diberikan, saat dia diminta bercerita ttg dirinya, ttg bunda nya ttg ayahnya dia dengan lancar bercerita.
    dan... kesimpulan kepsek, melihat hasil wawancara dan ngobrol sama si kaka, dinilai si kaka udah memiliki kematangan diri u/ naik ke TK A, blio pun kasih catatan jika di tengah jalan si kaka keliatan bosen atau ga enjoy si kaka bisa cuti or rehat, intinya ga ada pemaksaan, sebisa mungkin smua kegiatan yg berhub dg skulnya dibuat seenjoy mgk.
    hmm... baiklah... akhirnya berucap bismillah kamipun positive dan insya allah yakin u/ mendaftarkan si kaka di TK A.
    saat ini bahkan si kaka ga sabaran dan nanya2 kapan kaka skul di TK bunda? saat sabtu lalu ada pengukuran seragam, wuaa.. dia exciting banget, cerita ke tantenya, cerita ke uti semua org dikasih tau kalo dia mau ukur seragam.
    hmmm..... semoga aja pilihan kami ga keliru.

    so, menurutku, lihat aja kesiapan devan bu, insya allah semua berjalan lancar, entah ya feelingku devan akan enjoy, karena melihat kedewasaan devan di usianya spt yg suka aku baca di jurnal. iya kann??

    ReplyDelete
  13. aku menyimak wae ya mak * otakku baru ngantuk kekenyangan nasi padang *

    ReplyDelete
  14. nasi padang??? enaknya.... mau dunk...
    nasi padang di tempatku hari ini kegusur kamtib mba es, kasian banget gerobaknya diangkut pula, ga jadi lunch menu nasi padang deh...

    ReplyDelete
  15. iyeee nasi padang mba diz. ni tinggal ngantuknya...
    kesian si abang padang kalo gt mba diz. kena razia kamtib ya. smg mendapat lahan jualan yg bebas razia kamtib ya

    ReplyDelete
  16. wah supel banget devannya mam
    kl abang masih sulit proaktive ke orang2; terkesan jaim
    maunya berteman ama satu aja di skulnya

    ReplyDelete
  17. berart seusia Filia ya....Filia mash PG jeng win..

    ReplyDelete
  18. hai mom devan, slam kenal ya... mau ikutan nimbrung nih... anakku skarang dah 4,5 thn bulan july ini baru mau masuk tk A, dia masuk play group umur 2,5 thn tapi dr july 2010 smp skrg g mau masuk sekolah, katanya bosen hehe, makanya aku biarin aja, smp july 2011 skalian masuk tahun ajaran baru. menurut penalaman ponakan ku dia juga waktu tk umur 3 thn, masuk SD 5,5 thn. saat itu guru konseling nya bilang dia siap secara fisik maupun mentalnya untuk masuk SD, prestasi bagus terus sampai kelas 3 SD selanjutnya terjadi penurunan prestasi dan minat belajar dan minat k sekolah, setelah konsul dengan psikolog, ternyata salah satu faktor utama adalah terlalu dini masuk ke sekolah formal.sekarang dia dah kelas 1 SMA. maaf ya mom, bukan mau ngomporin, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

    ReplyDelete
  19. eh mak baru inget kalo yoga besok masuk PG juga diusia 2.9 thn hihihihihi...besok kalo mau lanjutin tk a masih kecil juga ya. diliat bsk aja ah. paling aku bsk tanya2 dirimu mak wince hihihihi *ijin dulu ya*

    ReplyDelete
  20. he eh mak annie, nah masalahnya ketakutanku adalah skr siy dia enjoy banget, gak pernah mau bolos, nah ngerinya adalah terjadi di depan nanti ketika masa krusial sekolah, mesti gimana menyikapinya kan..

    ReplyDelete
  21. wah devan pinter ya sosialisasinya....
    klo salwa rencananya bulan juli ini masuk TK A umurnya pas 4 thn....aku cari TK yg masih bnyk mainnya bund. kebetulan di TK nya nanti pembagian kelasnya berdasarkan umur...TK A ada sekitar 8 kelas, dalam1 kelas (10 anak) biasanya tanggal lahirnya mirip2 (seumur)...kata pihak sekolah biar cara penanganannya sama.
    menurutku devan coba aja dulu TKA, klo enjoy lanjut aja....klo ternyata di TK A terlalu berat, tahun depan bs ngulang TK A lagi (dengan catatan anaknya ngga bosen)....
    smg bunda bs memutuskan yg terbaik untuk devan...

    ReplyDelete
  22. tfs Vie, nah itulah yg gw khawatirkan, gw akan diskusi lg sm si ayah soal ini, dan juga mempertimbangkan masak2, semoga aja keputusan yg nanti diambil adalah keputusan yg tepat, amiinnn

    ReplyDelete
  23. hihihi, gooo, amiinn semoga keputusan apapun nantinya yg terbaik buat Devan neh mamoyyy

    ReplyDelete
  24. he eh beyumm, hihihi, emang siy kalo dr cara ngomongnya jg gak sangka kalo dia masih 3.5 thn, hihi, nahh itu makanya Jeng Tik, kl SD masih umur segitu kok kayanya belum cukup ya kematangan emosinya....

    ReplyDelete
  25. iya bun Diz, emang kalo liat Devannya siy, kliatan siap masuk TK, apalagi dia gampang berteman dengan siapa aja, jarang banget mood nya jelek kalo soal main, hihihi. Nah cm memang tetap perlu dipertimbangkan masak2 soal usia sekolah terlalu dini ini, makanya dari skr kami nge list semua yg kami analisa dari keseharian Devan sebagai dasar kematangan emosinya saat sekolah yang udah formal nantinya...tfs yaaa, semoga pilihan bun Diz buat si kk juga yang terbaik, amiinnn

    ReplyDelete
  26. tosss, akupun td makan nasi padang, dendeng cabe ijo, hihihi

    ReplyDelete
  27. nyimak aja deh mbak..adam belom kumasukin kemana2 soalnya jadi ga' ada pengalaman..:)

    ReplyDelete
  28. kalo soal supel, lumayan siy Eda, tapi ya itu takutnya malah didepannya pas sekolah formal, takut dia nya bosen :D

    ReplyDelete
  29. gitu ya, iya Devan masuk PG tahun lalu saat usianya 2.10 thn karena dia nya yang minta sekolah...heheh

    ReplyDelete
  30. hi Mom, salam kenal juga, waahh makasih banget masukkannya, ini malah bukti nyata ya, anaknya sudah sma skr yaa, aku jadiin pertimbangan juga Mom, soalnya di sekolah devan skr itu jenjang PG cm ada 1, jadinya kalo ngulang pun temen2nya nanti beda lagi, kalo akus iy ga masalah dia ngulang, malah pengennya gt supaya lebih matang, tapi yang aku pikirin apakah Devan nanti gak akan jd bertanya2, krn dia udah punya teman2 saat PG nya skr ini yang akan lanjut ke TK, dia udah pesan sponsor aja tuh mau barengan sama teman2nya itu...hmmm aku pikirkan dan pertimbangkan lagi deh...makasih banyak yaaa :)

    ReplyDelete
  31. hi Mom, salam kenal juga, waahh makasih banget masukkannya, ini malah bukti nyata ya, anaknya sudah sma skr yaa, aku jadiin pertimbangan juga Mom, soalnya di sekolah devan skr itu jenjang PG cm ada 1, jadinya kalo ngulang pun temen2nya nanti beda lagi, kalo akus iy ga masalah dia ngulang, malah pengennya gt supaya lebih matang, tapi yang aku pikirin apakah Devan nanti gak akan jd bertanya2, krn dia udah punya teman2 saat PG nya skr ini yang akan lanjut ke TK, dia udah pesan sponsor aja tuh mau barengan sama teman2nya itu...hmmm aku pikirkan dan pertimbangkan lagi deh...makasih banyak yaaa :)

    ReplyDelete
  32. hihihhi, nah tuhh Yoga seusia Devan tahun lalu tuh waktu mau PG, he eh mak, yuk kita menyimak para emaks yang memang punya pengalaman :)

    ReplyDelete
  33. Win..kebingungan yang sama nih Win..secara gw juga mau pindahin anna dari sanggar bona ke skul yang "resmi" ditawarkan masuk playgrup ato langsung TK, kalo TK "makan tahun" takut dia nga bisa ngejar secara baca tulis aja masih "suka-suka gue"

    ReplyDelete
  34. hmmm, aku masukkan bahan pertimbangan juga Bunda, makasih yaaa...:), amiinn semoga keputusan apapun nantinya, semoga itu yang terbaik...

    ReplyDelete
  35. anna sm devan seusia kan ya, kalo dari sanggar, gw milih masuk masuk PG aja Tin, jadi TK nya tahun depan udah pas usianya lah, 4.10 thn siy emang, tapi hitungan masuk SD di 6.10 thn, usia yang matang deh sepertinya untuk mulai SD, tapi balik lagi siy ke pertimbangan loe jg Tin...:)

    ReplyDelete
  36. keknya perlu dipertimbangkan juga kira2 nanti mba win pgn SDnya devan dimana. soalnya setahu aku bbrp SD terutama negeri mematok umur msknya hrs 6 th. ky anaknya melga kl g slh umur 6th krg sehari apa ya udh ga bisa. dr cerita2 malah bingung kl hrs ngulang TK lg krn umur blm cukup msk SD dan anaknya sendiri malah udh lbh bosanan lg, jd sptnya sih mending ngulang PG drpd nanti ngulang TK. kecuali pilihan SD nya mba win gak masalah dgn umur under 6th. trus bener kt mba vie jg, tiap anak beda2 kebutuhannya moga2 mba win bs segera dpt pencerahan mana yg terbaik buat devan yaa. hihii..

    ReplyDelete
  37. Gw setuju tuh wind soal konsul dg guru2 dan psikolog walaupun keputusan akhir kita tetep lihat kondisi anak. Kekhawatiran gw jg sama wind, gw sempet parno dan ngerasa bersalah bgt wktu nav trauma dg sekolahnya yg lama. Ketika akhirnya gw+andi putuskan utk nav sekolah di tempat lain itu pun krn naveed sndiri yg minta (ini pun tertunda 2 bln krn gw yg khawatir). Jadi menurut gw, kita kembalikan ke Devan, bisa tanya apa yg dia rasa dan inginkan :)
    Semoga mendapt kekuatan utk memilihkan yg terbaik ya ;)

    ReplyDelete
  38. Mbak Win, mungkin bisa dipertimbangkan usia masuk SDnya nanti karena dgn Devan masuk TK usia 3 thn 10 bln ada kemungkinan dia masuk SD umur 5 thn 10 bln.
    Kalaupun Devan bisa nyaman dan mampu mengikuti ritme di TK nanti kira-kira di SD nanti dia bisa nggak? Karena kematangan emosi justru dibutuhkan saat di SD di mana rentang usia teman-temannya lebih beragam.

    ReplyDelete
  39. okeh Ca, SD buat Devan emang aku dah ada inceran, swasta jg siy, krn deket rumah ga ada SD negeri yg sesuai pengharapanku, nah kl di SD inceran siy mmg SD nya min usia 5.8 tahun. Bener jg kt vie, mmg hrs dilihat lg anaknya gmn, smg aku sm si ayah bs memutuskan segera deh yg terbaik, makasih yaaa...:)

    ReplyDelete
  40. amiinn, iya neh mamabi, smoga segera dapet keputusan yg terbaik deh :)

    ReplyDelete
  41. semalem baca ini belum sempet komen, belum bisa kasih masukan tapi numpang baca reply-replyan aja.
    tfs ya bund

    ReplyDelete
  42. yup bener Ni, kalo lanjut TK skr, akan masuk SD nya 5.10thn, masih kecil banget yaakk, pernah kepikiran jg siy kalo di TK A ini harus ngulang 2 tahun jg gpp, sambil diliat lg progressnya, yg penting di SD harus bener2 matang dan cukup usianya...tks untuk inputnya ya Ni...

    ReplyDelete
  43. silahkan Ummu, smg berguna jg buat Gaza nantinya :)

    ReplyDelete
  44. oya soal Devan yg request mau bareng sama temen2nya yg sekarang, aku jadi inget sepupuku dulu. Karena dia belum cukup umur masuk SD, dia ngulang TK lagi. Awal2 dia ngedumel plus protes, "kenapa aku gak masuk SD aja? kenapa Si A yg badanya lebih kecil dari aku bisa masuk SD, aku kan lebih gede kenapa masih di TK?" gitu protesnya hehehe...

    Tapi dikasih pengertian pelan-pelan akhirnya ga protes lagi, plus karna dah keasikan main sama anak TK yg baru2 hehe.

    Moga apapun pilihan untuk Devan nanti, diberikan yg terbaik ya bund. Jangan lupa sharing2 lagi

    ReplyDelete
  45. hmmm, thanks atas infonya Ummu, sipp, nanti aku posting lagi soal keputusan kami akhirnya gimana :)

    ReplyDelete
  46. hai mom.. Salam kenal yah.. Dari kemaren aku bolak balik ngintip ikutan nyimak soale Devan seumuran juga sm anakku Sophie.. N casenya juga hampir sama :)
    Sophie bulan Juli nti umurnya 3.10th n rencananya masuk TK A... Skrg masi sekolah preschool yang masuknya tiap hari dan waktunya 2jam... Ada kekuatiran juga masuk TK A nya kemudaan...
    Kalo aku siy ngliat kondisi Sophie aja... Kalo nti dia bisa ngikutin ya lanjut.. Tp kalo keliatannya agak keteteran, ya ngulang jg gpp.. Hehehe :)

    ReplyDelete
  47. halo mom nya Shopie, salam kenal juga, oh iya usia anak kita persis sama, Sophie kelahiran sept ya...
    Hmm, iya siy Mom, kalo dilihat dr masukan guru2nya Devan n jg psikolog skolahnya, mmg dikasih alternatif itu, lanjut aja dulu, nanti di TK kalo mau stay 2 tahun pun gpp kalo memang dirasa si anak belum sanggup secara kematangan emosi untuk masuk SD...:)

    ReplyDelete
  48. iya Sophie sept juga mom.. :))
    thanks ya udah bikin blog ini mom, jadinya aku juga bisa baca2 banyak masukan n info.. Salam kecup buat Devan yah :-)

    ReplyDelete
  49. sama2 Mom Sophie...titip kisses buat Sophie juga yaa...:)

    ReplyDelete
  50. Devan nga beda jauh sama Anna..sama2 anak2 "makan tahun" hahaha
    Iya Win..gw juga uda decide PG aja biar masa bermain-nya lebih banyak apalagi setelah baca "anak-anak karbitan" di milis sehat, makin yakin deh mendingan tunggu bener2 mateng deh baru masuk SD

    Thanks ya Win :)

    ReplyDelete
  51. sama2 Tin, itu juga yang gw takutkan soal "anak karbitan" telat setaun gpp lah yang penting lancar sampe besar nanti daripada dipercepat tp kasian anaknya kalo nanti jadi kehilangan masa bermainnya...selamat sekolah PG Anna sayang, betah2 yaaa...:)

    ReplyDelete