Monday, May 24, 2010

[Bunda] Shopaholic...am I?



Ssstttt, saya nggak se shopaholic orang yang ada di gambar itu kok, heheheh (gambar diambil dari sini)
*Tulisan ini dibuat untuk refleksi diri dan melihat seberapa berhasil saya dengan komitmen yang sudah saya buat

Entahlah, tapi yang pasti saya sulit sekali menahan nafsu belanja :(. Komitmen demi komitmen, resolusi demi resolusi, niat demi niat, semua terlewat begitu saja, sampai pada akhirnya saya bertemu teman saya seorang Financial Planner di suatu lembaga financial plan yang cukup terkenal.

Dari obrolan banyak seputar kehidupan kami, setelah lama tak bertemu, dan akhirnya sampailah pada topik yang membutuhkan komitmen dan kesadaran tinggi, yup saya harus berhenti untuk boros dan mulai memikirkan financial plan secara serius, dan sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya

Sebenarnya saya ingin sekali ikut pelatihannya, tetapi saya merasa belum punya banyak dana untuk dikelola, sehingga saya memutuskan untuk memulihkan kondisi keuangan saya lebih dahulu

Cara yang paling mudah sekaligus susah prakteknya, huhuhuhu, menahan hawa nafsu belanja, ya itu, lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Jujur saya akui, sulittt sekali, dan lebih seringnya nafsu diatas kebutuhan, bahaya bangettt kan...

Sambil refleksi diri kenapa saya sulit sekali untuk berubah dalam hal yang satu itu, diantaranya ya karena saya merasa memiliki uang saya sendiri untuk dibelanjakan, tidak ada beban karena saya tidak merasa minta ataupun berhutang pada orang lain. Ditambah lagi karena datang dari keluarga bukan orang kaya, saya jarang sekali dibelikan sesuatu oleh ortu yang bisa dibilang mahal, semua harus ada usahanya, ortu saya terbilang disiplin mengenai uang, saya bisa mendapatkan sesuatu yang saya inginkan ketika masih bersekolah dulu dengan cara berprestasi. Jadi ya ketika sekarang sudah memiliki uang saya sendiri, saya merasa bebas membeli apa saja yang saya suka sebagai anggapan"hasil kerja keras", tapi jadinya kelewatan...

Alhamdulillah, saya masih beruntung diberikan kondisi yang masih bisa dibilang baik dalam kondisi keuangan, walaupun ketika bertemu dengan teman saya itu, dan dia mencoba mengecek kondisi kesehatan keuangan saya, dia bilang, seharusnya tabungan saya bisa lebih banyak dari sekarang, wow, jadi sudah begitu banyak uang yang terbuang percuma, cuma untuk memenuhi nafsu belanja yang tak terkira...saya terhenyak dengan kondisi sedih, tapiii penyesalan tidak ada artinya, toh semua itu sudah terlanjur, sekarang yang harus saya lakukan adalah BERHENTI mengikuti nafsu belanja yang terkadang gila2an, lebih ke seringnya sih .

Saya mulai dengan tutup beberapa kartu kredit saya, saat ini saya hanya punya 2 kartu kredit, satu untuk kebutuhan perjalanan dinas atau bepergian, dan satu lagi adalah kartu kredit dari salah satu hypermart, saya masih pertahankan karena saya masih rutin belanja bulanan di hypermart tersebut, dan saya jarang bawa uang cash.

Langkah berikutnya adalah membersihkan lemari saya, hehehe, ya lemari saya yang penuh barang yang setelah ditanya pada diri sendiri dengan jawaban jujur, apakah memang barang2 itu sering dipakai, jawabannya adalah kadang2, karena kalo melihat tas aneka warna dan model yang menumpuk di lemari saya, ternyata ketika ke kantor pun, saya hanya pakai 1-2 tas bergantian selama 5 hari kerja, jadi kenapa harus sebanyak itu...ckckckc...*yang ini jangan ditiru samsek, sungguh amat sangat tidak baik...

Begitupun dengan sepatu, sandal, baju, mukena, handuk, sprei, kebaya, sampai2 saya geleng2 sendiri, sungguh saya tidak menyangka ternyata saya sedemikian rupa dalam nafsu belanja, Astagfirullah...rasa malu, cemas, sedih menggayuti saya, apa artinya semua ini apabila ketika suatu hari nanti, anak-anak saya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk sekolah, dana darurat ketika ortu sakit, ataupun dana darurat yang tidak bisa dibilang sedikit ketika saya atau suami sakit, Insya Allah jangan sampai sakit berat, tapii kita kan tidak tahu didepannya nanti akan terjadi apa???

Apalagi dalam satu hadist yang pernah saya baca, bagaimana pertanggungjawaban dari barang2 tersebut yang hanya memenuhi hawa nafsu belaka...hiyyy saya tidak ingin terperosok lebih dalam, saya harus sadar sesadar2nya, bahwa masih banyak perilaku negatif saya yang harus di ubah, diantaranya ya menekan nafsu belanja ini

Satu demi satu saya kumpulkan barang2 itu, saya pikir saya adakan garage sale saja seperti yang pernah saya lakukan dulu2, tp ternyata lihatlah, garage sale tidak membuat barang yang berlebih itu habis, yang ada malah tambah banyak, gak bener! Tapi tetap akan ada garage sale, dan setelahnya dengan komitmen dan kesadaran penuh Insya Allah tidak melakukan hal yang sama lagi...yaitu belanja lagi...hehehhe

Akhirnya dengan mengucap Bismillah, dan bertekad untuk hidup lebih baik, sudah 1 bulan sejak komitmen ini ditegakkan, Alhamdulillah saya bisa mengerem nafsu belanja yang aduhai itu, walopun beberapa kali, si Ayah kynya ngetest, hehe, nawarin sesuatu ketika ke mal, ajaib banget saya dengan santai bilang, nggak ah belum perlu, aku punya kok walopun lain warna, wkwkwkwkw, si Ayah kaget sambil mengelus tangan saya, Alhamdulillah, semoga Bunda beneran berubah yaaa..., aku cengengesan aja sambil berdoa dalam hati, Insya Allah, SEMOGAAAA...






52 comments:

  1. beuuhh...jadi pengen meniruuu
    walaupun ga banyak barangnya, tapi tetap aja merasa terlalu 'lapar mata'
    *padahal menurut teman2 kantor dulu, saya peliiiiittt :)

    ReplyDelete
  2. waduhhhh, aku juga nih
    masih suka belanja ngikutin keinginan bukan kebutuhan T_T
    tp susah deh nahan nafsu kl udah lihat tas atau sepatu yg cantik :|

    ReplyDelete
  3. Kalo aku sih, urusan barang emang ngga boros. Suka sayang duit kalo buat belanja barang. Jadi ya bajuku itu2 aja, kerudung juga itu2 aja, hehe. Aksesoris ngga pernah pake karena emang ngga suka.

    Tapi kalo soal makanan, hehehe... sadar diri banget deh, aku tuh paling susah nahan diri buat jajan. Jadi ya kalo lagi pengen apa, beli aja. Kerasa emang boros disitu sih, hiks.

    ReplyDelete
  4. mba, kalo saya kalo ga belanja gila2an ya hemat gila2an. saya ga peduli dibilang orang pelit dsb. yg penting akibat dr tobat belanja gila2an saya jd sangat hemat. untung buat anak masih ga hemat. nah akhirnya sekarang saya nabung 10ribu sehari dan sakit jiwa belanja saya saya salurkan dr uang yg udah terkumpul itu ga bole lebih.. dan untungnya saya ga punya space lebih dirumah ortu saya. jd saat belanja sy lsg mikir dirumah mau taruh dimana. hrs beli container box lg kalo maksa mau beli..

    ReplyDelete
  5. toss deh wie, sama dg gw kalo gitu

    ReplyDelete
  6. sli sulit bin susahhhh Mbakkk...tapi usaha neh, Bismillah...hihihi

    ReplyDelete
  7. tfs win... jd reminder juga buat gw
    sama banget lagi mikir soal keborosan belanja.. kadang ga buat gw tapi buat si bocah *ga tahan liat pernak pernik lucu:p*
    berasa banget pas kmrn bokap stroke dan smp skrg butuh biaya utk pemulihan.. agak menyesali diri knp ga bisa bantu lbh byk melihat tabungan pribadi kok ya trnyata cuma segitunya hiks.. andai ga terlalu boros dan lbh rajin nabung

    ReplyDelete
  8. tan..ingetin bunda tuh..dulu punya resolusi 2010 berhenti shopping OS eeh malah tetep aja tuh...

    smoga bunda bisa kaya tante yaaa...

    ReplyDelete
  9. kalo aku sih emang biasa mikir2 kalo mau ngeluarin duit buat yg ga perlu2, mikir bener2, perlu ga sih, misahin antara yg perlu sama yg pengen

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah nga boros... CC cuma 1 aja ... itu juga klo di pake pas mendadak ...

    Sekarang malah misua yg boros dengan hobi barunya Aeromodeling hiks hiks..

    ReplyDelete
  11. Semoga niat lo berjalan mulus, amiiinn..
    Klo gw bukan tipikal wanita shopaholic, asli...gw mah plg pinter ngerem keinginan yg menurut gw ga seberapa pnting buat gw.
    Skrg2 aja nih gw lg lbh sering belanja dibanding dulu tapi jg kebanyakan utk kebutuhan anak2..

    ReplyDelete
  12. Semoga niat dan usahanya lancaaar ya mbak hehehe.. untungnya dari awal "dilepas" orang tua udah dikasih wanti2 ma ibu "belanja harus sesuai kebutuhan, kalo pengen barang apapun jangan pernah ngutang (termasuk punya CC takut susah belakangannya)" jadi tiap kali ngeliat barang bagus langsung inget nasehat ibu :)

    ReplyDelete
  13. Toss sama Uwi, Mba Maya, Vivie..
    Gw masih bisa bedain mana need mana want hehehe..
    alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  14. widihh, emang susah banget Rien...makanya neh diniatin dengan segenap kesadaran tinggi :p

    ReplyDelete
  15. kalo emang pengen, dibeli, terus dimakan sampai habis siy gpp kali Wie, hihihi

    ReplyDelete
  16. udah sebagian lsold out by offline Ra, tgl bbrp barang yang belum laku, dan brg2 nya Devan, bnyakan sepatu siy, hihi

    ReplyDelete
  17. hehe, skr saya pengen hemat gila2an Mba Vit, smeoga bisa deh...

    ReplyDelete
  18. iya Fit...yuukk sama2 mendisiplinkan diri, gw malah lebih parah Fit, gak cm buat gw, buat si bocah, juga buat rumah, ah asalnya emang gw boros abis, suka gak mikir perlu atau nggak, payah bangettt

    ReplyDelete
  19. yuukk Bundana 2i, insappppp, hahahhaha

    ReplyDelete
  20. ahh tob banget Mbak May, aku mau mencontohmu...:)

    ReplyDelete
  21. aku menunggu garage sale untuk mukena yang pink dari tasik itu hohohoho

    ReplyDelete
  22. yaaa...gw juga nungguin garage salenya ^__*

    ReplyDelete
  23. cuma jd kebanyakan mikirnya hahahaha

    ReplyDelete
  24. gpp Mbak, at least berhasil mementingkan kebutuhan dari keinginan :)

    ReplyDelete
  25. amiinn Vie, makasih lho udah beli barang2 garage sale gw , hahahaha

    ReplyDelete
  26. bersyukur mba Ida, skr gw dalam rangka neh....smoga bs komit...amiinn:)

    ReplyDelete
  27. hahahaha, mknya neh mbak Tik, tulisan ini sebagai reminder...

    ReplyDelete
  28. yang manakah ky? ada bbrp mukena pink gw yang dari tasik, ahahahahah

    ReplyDelete
  29. hehehe, tunggu ya Mba, akan ada lagi kok...^_^

    ReplyDelete
  30. Bentar lg jg lo jg penggoda gw...
    liat ajaa....

    ReplyDelete
  31. yup, menomorsatukan logika n melupakan keinginan, menyingkirkan hawa nafsu

    ReplyDelete
  32. hayoooo cha...dah berhasil belooommm??

    ReplyDelete
  33. Ayo Win, semangat :-D
    Gw kagak shopaholic tp kok keuangan juga masih acak adut ya hehehe *puzingggg*

    ReplyDelete
  34. gw ngga shopaholic, tapi doyan jajan plus bepergian luar kota...hwua...klo liat keuangan pas abis bepergian, pengen pengsan...:D

    ReplyDelete
  35. hihihihiiiii sama yak....so far klo aku untung sekarang udah mulai bisa menahan diri meskipun sulit tapi harus di lewati...semangat win...pasti bisa....

    ReplyDelete
  36. Caaa, shopping yuukk *lirik2 new Kate Spade nya Ica* @_@

    ReplyDelete
  37. yo'i semangat banget nih Dy, hihihi
    Soal keuangan emang kudu mesti wajib di atur sedemikian rupa yaa, kkkk, hayo Dy semangat juga ngatur keuangan :D

    ReplyDelete
  38. hihihih, jajan dan bepergian juga termasuk yg gw atur Rin...seringan pengsan nya gw kalo abis jalan2 ngabisin uang :D

    ReplyDelete
  39. bener mba sar, intinya adalah mengendalikan diri, hihihi, semangatttt :D

    ReplyDelete
  40. yg warnanya pink keunguan mba, yg mba sofi beli tapi warna kuning,
    ayo jual ama gw aja...
    pahalanya gede tuh
    hak hak hak....

    ReplyDelete
  41. TFS yah Win...ini reminder juga buat gw..hiks..hiks...emang uda kepikiran apa perlu hire financial plan, kepengen ngikut kursus-nya nga ada waktu :((
    semangat yah Win...hemat! hemat! hemat! :)

    ReplyDelete
  42. Nukyyyy, hayo cari cara rayuan yg laennn, gw juga suka banget sm warna mukena ituhhh, ga ada plan jual, hahahahahaha

    ReplyDelete
  43. heheh, ayo Tin, semangat, temen gw Financial Planner di QM Financial itu, dia nulis banyak hal yg inspiratif banget buat ditiru..gw belum sampe ke arah itu, investasi dan teman2nya itu, tp gw mau ke arah sana, jd harus sehat dulu kondisi keuangannya :)

    ReplyDelete
  44. Hihhihi, iya yaa Buneku sayang, be my guardian ;p

    ReplyDelete
  45. errrrr....gue tutup mata juga aaahhhh hihihi

    ReplyDelete