Monday, March 7, 2011

[Bunda] Kehamilan ketiga

Hmm, tadinya masih belum mau menceritakan ttg hal ini, karena sprti 2 kehamilan sebelumnya, yang inipun bermasalah dengan flek :)
Bunda bersyukur Sayang, bersyukur sekali diberikan kesempatan merasakan hamil lagi, krn memang sudah ditunggu2 oleh ayah, kk devan, dan sluruh keluarga besar.

Jumat, 4 maret 2011, adalah hari bersejarah, sudah niat dr mlm beli testpack sampe 2 biji, hehehe. Karena memang feeling berasa kuat sekali kalo ada makhluk kecil didalam perut Bunda. Nggak morning sick, biasa aja semuanya, tapi feeling itu kuat sekali, so, pagi2 bangun langsung test, didampingi Ayah, kami berdoa tak henti sambil menunggu garis itu nampak :)
Daann, Alhamdulillah tanda + tersamar muncul, masih gak yakin, buka alat testpack kedua, dan stelah menunggu deg2an, muncullah 2 garis itu, yg satu masih samar siy, tp terlihat kalo garisnya 2. Bersorak dan berseru Alhamdulillah bareng si Ayah, dan kemudian berjanji untuk makan sehat dan slalu happy demi sang baby :)

Jumat siang, stelah maksi, ke toilet, dan lemesss bgt, krn ada flek, duh ini mirip sekali dengan 2 kehamilan sebelumnya. Pasrah dan mencoba ikhlas, apapun yang terjadi, Bunda akan berusaha mempertahankan kamu, Sayang :)
Langsung telp si ayah, dan segera dijemput 1 jam setelahnya, meluncur ke Brawijaya untuk segera ketemu DSOG yang ada saja, krn dsog langganan pas bukan jadwal prakteknya.
Sampe dsog, ditanya haid terakhir, alergi obat atau tidak, timbang, tensi, Alhamdulillah smua normal.
USG transvaginal, ouchhh sakittt, karena mnrt dokter masih trlalu kecil, itupun sudah transvaginal masih belum nampak jelas, tapi kantung janin ada. Yang bikin kecewa, dsog ini terlihat pasrah, hanya bilang kalo flek ini, kita seleksi alam saja, kalo mau bertahan dan jadi, dia akan lanjut dan sehat, tapi kalo nggak, ibu akan mens seperti biasa.
Bunda tanya apakah diberi penguat, ga usah katanya. Ohlala, terkesan tidak komersil memang, tapi kok rasanya beliau ga ada action untuk survive ya, tidak menawarkan tindakan atau pilihan apapun, hanya tulis di buku pasien untuk kembali 1 bulan lagi.
Bunda sedih bukan kepalang, secara kejiwaan, dokter ini tidak support samsek, pdhl udah diceritain riwayat 2 kehamilan sebelumnya, tapi sang dokter acuh tak acuh saja. Akhirnya keluar ruang periksa langsung dftr untuk hari selasa, dgn dsog yang biasa, cari 2nd opinion.

Yup, belajar dari kehamilan pertama yg BO, krn terlalu nurut tanpa mnt 2nd opinion dr dsog lain, malah habis berjuta2 tanpa hasil yang memuaskan, belum lg ketidakterusterangan dsog dulu membacakan hasil lab, ckckck.
Nah tyt dpt kabar dsog yang selasa nanti mau di visit, ada seminar sehingga ambil cuti smp 9 maret, wahh ga bisa nunggu, karena selama bedrest dirumah, flek keluar terus, harus usaha untuk cek. Tanya sana sini, teman menganjurkan cek ke prof marsis di Bunda / Budhi Jaya. Dsog ini terkenal dengan keahliannya menangani fertilitas dan kehamilan dengan masalah (flek). So, telp Budhi Jaya siang itu juga, dpt info kalo beliau praktek senin malam. Tanpa pikir panjang lagi, langsung daftar, dan td mlm sudah konsul.
Prof Marsis bilang, harus dicari dulu penyebab flek, langsung dikasih surat pengantar untuk test torch, yang sudah dilakukan pagi tadi. Hasil bisa diambil rabu sore, so kita akan liat hasilnya.
Menurut prof Marsis, bila hasil lab, menyatakan anti torch pd IGM + (positif) harus langsung temui beliau ga usah tunggu lama, karena artinya flek2 td adalah jaringan janin yang keluar, dan kehamilan tidak dapat dilanjutkan.
Tetapi kalo IGM -, temui beliau tgl 14 maret, untuk USG, dan sementara ini penguat dan anti kontraksi lanjut diminum.
Bismillah, Bunda sudah ikhlas Sayang, Insya اللّهِ, kalo kamu jadi rejeki kami, kamu akan tumbuh sehat dan kuat seperti kakakmu dulu sampai di 2 bulan, dan lahir dengan normal dan sehat serta sempurna.
Tetapi bila kamu belum jadi rejeki kami, pergilah dengan tenang, dan Insya Allah kami ikhlas...:((

Hiks, kmrn2 dan sampai tadi Bunda menulis ini, bunda masih tegar Nak, tapi skr airmata tidak bisa Bunda tahan lagi. Semua yang terbaik untukmu Nak, karena اللّهِ maha menentukan, amiinn :)

26 comments:

  1. yg sabar ya bunda. Insya Allah apapun nanti hasilnya itu yg terbaik dari Allah
    *peluuuuk

    ReplyDelete
  2. Win, gue doain yg terbaik ya yg Allah tetapkan u/ kehamilan ini, آمِينْ... آمِينْ... يَ رَ بَّلْ عَلَمِينْ

    Btw gue baru tau kalo elo sempet hamil sebelum Devan.

    ReplyDelete
  3. bunda, yg pernah aku baca emang lbh baik seleksi alam sperti yg dibilang dokter itu kalo yg ga bagus itu biar dia keluar sendiri, kalo bagus pasti bertahan hidup sampai lahir dgn selamat dan sehat.. drpd dikasih penguat ternyata janinnya ga bagus nanti pas lahir kenapa2 lbh menyedihkan. jd yg tegar ya... pasrah dan ikhlas..

    ReplyDelete
  4. bunda devan, yg tegar dan tetap semangat

    ReplyDelete
  5. Sabar ya mba win....semoga semua baik2 saja. Amieenn

    ReplyDelete
  6. smeoga yg terbaik ... kita sama2 tunggu yaakkk ...

    ReplyDelete
  7. Huuuggss... Gw doain Win, yg terbaik buat bebi dan lo juga.. Sabar ya sayang :)

    ReplyDelete
  8. sabar ya mbak win..semoga semua baik2 aja..:)

    ReplyDelete
  9. hmmm terulang kembali...
    mudah2an sehat yah win.
    Dokter Bambang yg bantu devan masih di Rb. Any Rahardjo prakteknya . :)

    ReplyDelete
  10. sehat2 terus ya win.. kita tunggu hasilnya semoga tumbuh sehat biar bisa nemenin devan entung :)

    ReplyDelete
  11. sabar, istirahat, dan positif thinking selalu ya teh.. *hugs*

    ReplyDelete
  12. sabar ya bund....
    sebelum hamil yg sekarang aku jg pernah hamil 2x....yg pertama keluar spontan pada minggu ke 8 dan yang kedua BO yg berakhir dgn kuret di minggu ke 10..hasil analisa DNA karena ada DNA yg trisomi (abnormal)....
    Setelah 3 bulan dari tindakan kuret, alhamdulillah Alloh beri amanah aku lagi dgn kehamilan ke 4 (sekarang masuk 31 minggu)...
    semoga bunda diberi yg terbaik ...banyak doa dan mohon petunjuk sama Alloh...
    *peluuuuuk

    ReplyDelete
  13. peluk winda...sabar ya say..ngerti banget deh gimana rasanya...tp aku yakin winda bs tegar ngejalanin ini semua...InsyaAllah si dd kecil bs tumbuh dengan kuat dan sehat dalam rahim winda..amien

    ReplyDelete
  14. sabar ya say... smg semua yg terbaik utk bunda & keluarga.. :)

    ReplyDelete
  15. ternyata pernah ada kehamilan sblm devan ya wind...hanya bs turut mendoakan yg terbaik.tokh ikhtiar sudah maksimal...

    ReplyDelete
  16. *HUGS* sabar ya Win...gw ikut doain semoga yang terbaik buat Winda dan dedek baby...take care dear...usaha maksimal dan tentu-nya doa obat paling mujarab dari semua-nya

    ReplyDelete
  17. *peyuuuukk* semoga yang terbaik selalu buat winda & keluarga

    ReplyDelete
  18. Semoga yg terbaik yg akan diberikan ALLAH buatmu n si dedek di perut.Sabar n ikhlas ya say *hugs*

    ReplyDelete
  19. daku turut mendoakan yg terbaik buat mbwinda,yg tegar yah mb,,,

    ReplyDelete
  20. *peluk
    Been there tp ga bisa bilang apa2, cuma bisa memberikan doa dari jauh

    ReplyDelete
  21. bisa ngerasain apa yg mba winda rasain, soalnya prn ngerasain jg :) sabar ya mba...insyaallah apapun itu adalah yg terbaik.

    ReplyDelete
  22. Windaaaaaaaaaaaaaaaa.............
    sedih bacanya. Peluk2 ya, sabar...Semoga jalannya yg terbaik.

    ReplyDelete
  23. sedih bgt...mg dpt yg terbaik ya jeng wind

    ReplyDelete
  24. peluk winda......

    ga bisa komen apa2,pengen ikut nangis

    ReplyDelete