Monday, July 5, 2010

Bunda dan Bento




Eehh, ini bukan Bento si penyanyi bergitar itu yak, hihi, Bento itu tuh bekal makan pagi atau siang yang dimasukkan kedalam kotak makanan ala orang jepang sana.

Lumayan agak lama mengamati, liat2 di blog ibu2 pembento, kemudian sourcing juga Bento Kit itu adanya dimana saja dan juga harganya, lama2 beneran tertarik, dan pengen cobain bikin juga buat bekal sarapan atau lunch Devan ketika sekolah nanti...

Ada beberapa Ibu yang tertarik nge Bento karena putra putrinya susah makan, atau ada juga yang pemilih terhadap sayuran. Kalo buat saya pribadi, tujuan utamanya memang hanya buat Devan, karena ketika dia sekolah nanti, saya gak akan bisa seperti Ibu2 lain yang menemani anaknya di sekolah, padahal masih di Kelompok Bermain, mengantar ke sekolah mungkin bisa saya lakukan dengan meluangkan waktu walaupun sesuai perhitunganw aktu apabila saya antar dulu, say aakn sampai di kantor terlambat, tapi tak apalah kalo hanya sesekali. Menjemput apalagi, sudah tidak bisa pastinya, hiks, karena PG nanti Devan sekolah dari jam 7.30 - 9.30 wib, dan saya hanya bisa mengawasi dari jauh, karena Devan akan diantar oleh ayah setiap pagi, dan dijemput, ikut jemputan ditemani Erna...:(, sebenarnya tidak tega, tapi mau bagaimana lagi...

Nah, tujuan saya belajar nge Bento ini, karena pengen Bento yang say abuatkan tetap menemani hari2 sekolah Devan nanti, walaupun saya tidak bisa menemaninya selama dia bermain dan belajar, tapi saya cukup meyakinkan bahwa setiap pagi akan selalu ada bekal enak dan lucu untuk menemaninya beraktivitas...ahh kenapa say ajadi mellow begini...heheh biasalah mellownya ibu2 pekerja, gak jauh2 dari aktivitas yang tidak bisa bersama buah hatinya tercinta...:)

Sooo, ketika sudah melihat2 dan mengamati, sekaligus mempertimbangkan, karena inis oal komitmen waktu yang harus disiplin, hahaha, yuppp, tanpa berusaha ngeles, saya memang Ibu yang tidak terlalu rajin, selama saya bisa delegasikan bikin makanan Devan selama dia di rumah, memang selama ini say amengajari Erna dan memberikan instruksi di awal2 saja, dan selalu memonitor apa yang Erna buatkan untuk makanan Devan sehari2, dasar emak pemalasss...hihihi...

Akhirnya hari Minggu lalu, saya ngajak Ayah ke Mal Artha Gading, tak lain dan tak bukan, ya ke The Daiso, hihihih, toko barang2 Jepang serba Rp. 22 ribu...idihh keliatan aja murah, kalo pas udah numpuk di keranjang siy, terus ternganga2 juga liat belanjaan sendiri....hmmm, untuk yang satu ini saya gagal berhemat, hahahaha...akhirnya kompensasi yang saya lakukan, saya jatahi makan siang saya sehari tidak boleh lebih dari Rp. 25rb selama 1 minggu, hahaha...rela deh Bunda berkorban....:p

Wah, bento kit di Daiso memang tidak terlalu lengkap, tapi sanggup bikin kalap, apalagi kalo liat Picks, Baran, dan food cup nya yang berwarna warni, ditambah dengan bentuk lucu2...
Yang saya beli siy rata2 kebutuhan dasar saja dulu seperti rice mould, cutter beraneka bentuk, egg mould, picks, Baran, dan bento box nya sendiri..sambil niat dalam hati, mau saving lagi karena minggu depan pengen kesana lagi, pengen beli Food Cup dan Picks nya...:p

Hari Minggu pagi coba2 bikin sarapan roti dengan cetakan bentuk mobil, kereta api dan jantung hati, sayangnya belum sempat di foto, sudah diembat sama si Gembul, karena emang sejak bikin, udah di tongkrongin, siap ngembat begitu jadi...hahahaha

Nah baru pagi ini saya sempat foto2, itupun karena waktu yang gak banyak, sarapan yang saya buat, yang cepet aja, cuma kukus2 kentang, brokoli, somay yang siap kukus, rebus telur, dan menghias apa adanya, sambil menghitung waktu, kalo nanti siapin Bento Devan, berarti waktunya mesti ditambah, karena ternyata gak cukup booo, kirain kelar 1/2 jam, ternyata gak bisa kayanya kalo pake cetak....hihihihi

Alhamdulillah sarapan pagi ini lumayan enak, walopun buatnya grabak grubuk, hehehe, pengennya siy kalo sempat sekalian bisa masak makan siang juga, supaya menu nya lebih sehat ketimbang beli terus di luar selama ini...

Ahhh, suka banget liat kreasi macam2 Bento di blog para Ibu pembento itu, semoga Bunda bisa komitmen ya Dev...heheh...

80 comments:

  1. hihihi...memang asyiik bikin bento tp kudu sabaaarr
    *jadi inget alat2 bento dah nganggur lama :(

    ReplyDelete
  2. hasil belanjaan di Daisho kmrn nih Win?? dah lumayan banyak yaa..

    ReplyDelete
  3. wuiiihhh sehat deh kl tiap hari sarapannya kyk gini.. ;)

    ReplyDelete
  4. lucuuuuuuu, beli dimana wind? *demenngumpulinjugasoale* ^_^

    ReplyDelete
  5. selalu kepengen nyoba bikin bento2an gini, tp selalu mundur ga jadi2 krn waktunya tiap pagi dah mefeet banget!! hiks :(

    ReplyDelete
  6. wah kereeeeeeeeeeenn... manteb si bunda euy..

    ReplyDelete
  7. yang kiri kentang kukus ya wind?

    ReplyDelete
  8. somaynya beli yang udah jadi ya wind? tinggal kukus aja kalo pagi?? beli dimana jeng, kemasannya kaya apa? diinfo dunk..

    ReplyDelete
  9. aiiihhh suka sama yang mc queen.... fav si kaka..

    ReplyDelete
  10. belenjong segini banyak abis berapa duit?? mikir dan mupeng juga nih...

    ReplyDelete
  11. Dikira maenan ama radhit n netha :)

    ReplyDelete
  12. iya,, sehat banget dan lucuuu juga.. =)

    ReplyDelete
  13. mbak coba deh sering ngintip ke OK doku yang serba 6 rb gitu, kemaren aku dapet yang ky cookies cutter, rice mold, sama egg mold cuma 6 ribuan lebih murah kan hehehe

    ReplyDelete
  14. Iya lucu2 win..
    Yg plg pojok kanan gw dah punya, beli taon lalu (itu jg lg promo ga ampe 20rb) dan emang selalu gw pake utk bekal Andal ke skul...

    ReplyDelete
  15. lempar sini ke jogja alat bento yg nganggur itu, buat aku belajar ngebento Mbak, hahaha

    ReplyDelete
  16. waduh lucu2nya...
    Kemaren waktu ke c4 ada tuh lg sale perlengkapan ngebento, tp tetep aja satunya 35rb an T__T

    ReplyDelete
  17. nendang mbak sarapan begini ? kalo aku jam 10an dah ngemil lagi deh hahahha...

    ReplyDelete
  18. Sarapan begini mah GA nonjoook!!!!
    Ini mah menurut gw cuman cemilan doanks, huaahahaha...*maklum biasa makan porsi kuli*

    ReplyDelete
  19. yang tengah atas itu imut banget Win... *mendadak mupeng*

    ReplyDelete
  20. sarapannya sehat bener...
    kalo aku paling yg dimakan buahnya doank :D

    ReplyDelete
  21. buahahahhahaha...
    iyaa ini bukan sarapan buat gw, cemilan jg bukan... buat gw ngotorin gigi doang ini mah.hahhahahaha.. porsi lo imut bgt mbak.. no wonder shapenya okeh. huihihihihihi
    tp lutuuuuuuuuu bangetttttt.. itu rumput2annya pake apaan si? kook bisa gitu? takjubbbbbb... bsk arisan bawaaaain bentoooooo.. mauuuuuuu...

    ReplyDelete
  22. wah baru liat jelaaas nih mbak. yaa ampun sarapannya aja yahuud gini ..ini mah udah siap jadi vegan =D

    ReplyDelete
  23. mbak itu ijo2 yang jadi alas..yang njegrak-njegrak itu daun apa???

    ReplyDelete
  24. hihihi, hasil kalap Fittt...eh tapi pas diliat2, tyt inipun masih ada yang kurang, karena gw ga beli nori puncher, hihihi

    ReplyDelete
  25. hehe, lg coba memperbaiki pola makan dan menu yang dimakan Fit...

    ReplyDelete
  26. beli di Daiso La...kesana deh dijamin kalap, hahaha

    ReplyDelete
  27. iya Fitt, ini aja gw baru pertama, gatau ya kedepan2nya, hihih, pengennya siy komit buat Devan...:)

    ReplyDelete
  28. iya la, itu isinya kentag kukus, brokli kukus, 2 pcs somay kukus, sm telur rebus stengah :)

    ReplyDelete
  29. hahaha, semoga bisa komittt...:D, menu Devan pagi ini juga sama kaya aybun nya :)

    ReplyDelete
  30. iya Mba Diz, soalnya belum pernah dan kayanya ga bisa bikin somay sendiri. Duh merk apa ya, beli di Food Hall siy, kemasan box gt isi 12 pcs, ada rasa udang dan ikan, yang ini rasa ikan, mnrtku siy lumayan, hrgnya sktr 20rb an gt deh...aku juga lihat ada So Good, tapii kemasannya banyak banget, 900gr, widihhh serem ah...:)

    ReplyDelete
  31. huhuhuhu, lumayan berasa pastinya, tapi gpp deh, secara buat modal tempur, hihi, tau deh neh bisa komit ato nggak, we'll see :p

    ReplyDelete
  32. wahh ati2, soalnya itu cutter Lan, tajem jadinya, walopun bentuknya lucu gitu, mesti ati2...hihih

    ReplyDelete
  33. udah lama banget pengen ke daiso, tapi tabungan belum cukup takut kalaaap huehehe.

    ReplyDelete
  34. iya Ra, bikin kalap banget dah..;p

    ReplyDelete
  35. samaaa, devan jg paling suka yg itu, hihi, mcqueen...

    ReplyDelete
  36. OK Doku dimana tuh Nel? itu yg modelnya kaya Valu$ itu bukan siy?
    Assiik, ntar hunting lg ah, kebayang kalo 6ribuan, hahaha

    ReplyDelete
  37. yg cetakan isi banyak dalam 1 pack ya? gw seneng apke itu buat ngebentuk cheese Vie...seru...hihih

    ReplyDelete
  38. mahal ya, mending Daiso...kmrn jg sempet di food hall tuh ada barang2 Jepang, tp bento kit dikit, dan hrgnya mahal pula, gak beli deh...

    ReplyDelete
  39. mayan juga, heheh, emang lagi latihan ga makan banyak2, yang penting cukup, kan lagi bentuk pola makan...kmrn siy gak ngemil lg jam 10an...:D

    ReplyDelete
  40. ho'oh ya, aku aja seneng liat belt penguinnya itu...cerah banget warnanya...

    ReplyDelete
  41. hahaha, gak nyangka Vivie kecil2 makannya porsi kuli...:))

    ReplyDelete
  42. iyaa, kmrn ngubek2 di Daiso, dapet yg warna itu, satu2nya, yg laennya banyakan buat anak cewek warna2nya...:D

    ReplyDelete
  43. aku makan semuanya, ludes tak bersisa...hihih

    ReplyDelete
  44. itu belt Miw, jd buat ngiket lunch box yang 2 tier atau kalo yg ky di gambar itu, ada tambahan box kecil diatasnya buat saus...wihh motifnya macem2 di Daiso, next hunting, gw mau cari yg gambar lain...hihi

    ReplyDelete
  45. bhuahahahhaha, percaya gw siy kl elo Miw, itu mah cm ngotorin gigi doang buat loe...hahahahah..

    ReplyDelete
  46. hueheheheh, belum lah, baru juga mulai...aminn, semoga nt bisa...

    ReplyDelete
  47. itu namanya Baran Tik, biasa dipakai sebagai pembatas didalam bento, selain untuk hiasan biar si bento tampil lebih menarik juga. Baran ini jg macem2 bentuk dan gambarnya, pokoknya mah pengen semua, hihih

    ReplyDelete
  48. iya Ummu, beneran harus siapin budget. Apalagi kalo Ibu2 yang hobi masak, wuihh segala peralatan masak produk Jepang ada semua kynya disitu...yuk ah nabung...heheh

    ReplyDelete
  49. hahaha, langsing mah udah turunan gw kynya, soalnya makan sebanyak apapun tetep aja segini...

    ReplyDelete
  50. heheh, sbnrnya lunch box biasa Fit, tp karena di tambahin penguin belt itu, jd kliatan lbh meriah ya...:)

    ReplyDelete
  51. win, di hypermat juga ada loh, posisinya di keranjang gede gitu tapi emang mesti rajin ngacak heheh...

    iya tuh ok doku dimana? tertarik bgt kalo cuma 6ribu..*ogi mode on*

    ReplyDelete
  52. win, yg masaknya loe atau art? soale gue kaga sanggup waktunya euy..
    btw si baran tuh reusable nga sih?

    ReplyDelete
  53. @ mba Rit: hypermart ga ada yg deket rumah euy ;p yg masak gw Mbak, mknya cari yg gampang2 aja, abis subuhan, kukus2 bahannya, mandi, trs nata2 deh, sampe ktr gw mskn microwave sblm dimkn, jd tetep enak ;) Baran yg ijo siy, gw sekali pake Mbak, soalnya kl dah dicuci gt, jdnya keriting bgt kl dikeringin, hihi

    ReplyDelete
  54. huiii Win..bener2 rajiiinnn deh...gw sih cuma demen liat tapi buat bikin hihihihi masih mualeesss *nga boleh lama2 nih males-nya* :))

    ReplyDelete
  55. ya ampuunnn Win...JEMPOL! sarapan sehat buangeettttt
    btw, Ayah juga mau dikasi sarapan kayak gini? hebaattttt

    ReplyDelete
  56. bund, itu ijo2 untuk alas makanannya dari kertas apa?? lucu euy kayak rumput

    ReplyDelete
  57. hihihi, gw jg males Tin, tapii ketika ngeliat devan excited banget sm bentuk lucu2 itu, dan jadinya dia mau makan sayuran berdiri sendiri kaya dia kecil dulu, gw berusaha komit untuk buatin dia bento yang sehat...apa siy yang nggak buat anak yaa...:)

    ReplyDelete
  58. iyaa, Ayah terharu masa, waktu sampe kantor terus mau sarapan, dia buka kotak bekalnya, taraaa....hihihih...jadipun gw pengen komit bikinin sarapan sehat untuknya...:)

    ReplyDelete
  59. karena makanannya somay + sayuran, aku tambahin saus nya buat cocolan somaynya, heheh, nah itu tempatnya aku taro di kotak tuppy yg kecil itu, jd aku iket pake lunch belt yg gbr penguin ituh...cantik kan jadinya, hehehe

    ReplyDelete
  60. itu disebutnya siy baran, bahannya ky dr plastik gt, tp emang palstik khusus buat makanan...emang di kondisikan ky rumpt dengan warna hijau dan bentuknya itu :)

    ReplyDelete
  61. waaaah alat tempurnya manteeeb bangettt ini....jd siap tempuur deehh...siip siip ..*bikin ngilerr nih peralatannya

    ReplyDelete
  62. hehehe, tapi blm lengkap neh Mbakk, aku masih mupeng nori puncher bentuk wajah, soalnya gak kreatip at all bikin wajah hewan atau manusia...hihi

    ReplyDelete
  63. heheheh...itu juga buat aku cemilan...pantesan yah aku badannya melar....

    ReplyDelete
  64. masa Bund...hihih, tp kalo aku kynya turunan, makan sebanyak apapun, ya segini2 aja...

    ReplyDelete
  65. Huahahahaha....
    'menggila' di DAISHO!!!!!

    ReplyDelete
  66. iyaaa, menggila bin kalap....hihihih

    ReplyDelete
  67. boleeehhh, kpn Z maen ke rumah Devan?

    ReplyDelete