Monday, August 2, 2010

[Bunda] Alat tempur ngebento




Bunda lagi punya hobi baru, nggak baru siy benernya, sejak Devan masuk sekolah aja. Apalagi ditambah apresiasinya Devan ke Bunda kalo dibuatin bento, jadinya makin semangat :)

Disini Bunda pengen berbagi ilmu pengetahuan yang masih sangat dasar ini tentang alat2 ngebento dan kegunaannya, hihi, tapi yaaa ini berdasarkan pengalaman pribadi aja, masihhh jauhhh banget kalo dibandingkan dengan ilmu bento para Ibu2 diluar sana yang telah memulai lebih dulu :)

So, Bunda akan jelaskan istilah/nama juga fungsi dari setiap alat di foto2 tersebut...semoga bermanfaat ya Mommies...:)

Owyah, alat bento ini kalo dari yang Bunda tau sih, bisa dibeli di

- Daiso (toko satu harga barang2 jepang), di JKT ada di : Artha Gading, Melawai (sebelah supermarket jepang, Papaya)

- Sogo Food Hall

- Konon di Hypermart, food mart (matahari supermarket) juga ada, tapi Bunda belum pengalaman beli disana jadi tidak tahu jenis apa saja yang tersedia

- OS : http://obentohouse.multiply.com, http://kawaiibento.multiply.com, dan Toko Bento di FB

Btw, ini akan selalu di update seiring alat bento tambahan yang Bunda miliki...enjoy :)

104 comments:

  1. terimakasih bunda.. untuk sharing ilmunya. bunda tolong sebutkan juga belinya dimana ? terutama vege cutternya lucu2. aku jg lg pusing ama anakku yg ga mau makan bekalnya pdhl kata gurunya disuruh variasi bekalnya tp maunya itu2 aja.. thx

    ReplyDelete
  2. Ok, aku info ya belinya dimana aja, tapi hanya seputar jakarta neh :)

    ReplyDelete
  3. aw..aw...lengkap banget euy peralatannya...satu pun ga ada yg punya.....
    *ngiri...sambil nunggu lelangnya....heheheh*

    ReplyDelete
  4. pasti azka bakalan seneng kalo bentuknya mobil2an gitu.....wah mba win neh bikin ngeces aja...kapan jualannya mbaaa....

    ReplyDelete
  5. jadi telur dah mateng yg dimasukin ke alat ini ya win? ga hancur kah?

    ReplyDelete
  6. gak bakalan ada lelang neh Ta, krn ga ada harga yang murah lagi selain Daiso, hihi...kalopun mau titip, aku bisa beliin, tp aku ambil profit dikit dari harga Daiso :)

    ReplyDelete
  7. ya ampuunn Win...buanyaaaakkk bangeettt!

    ReplyDelete
  8. hiks, ga bisa jualan dengan harga murah dr Daiso neh..:(
    Kalo mau titip, aku belikan, tapi harganya aku profit dikit ya dari harga Daiso...:)

    ReplyDelete
  9. yup Fit..nggak hancur kok, pelan2 nutup cetakannya setelah telur masuk kedalamnya, Alhamdulillah selama coba buat ini, gak pernah gagal :)

    ReplyDelete
  10. jadi bener2 kepengen bikinin si Anna makan buat di skul-nya nih Win ;)

    ReplyDelete
  11. hasil hunting sana sini...prakteknya mah belum sempet sebanyak alatnya, hahahaha

    ReplyDelete
  12. Lid, kalo mau, aku bisa beliin, cm harganya aku profit dikit yaa, hehehe...buat ongkos :)

    ReplyDelete
  13. 1 lagi info win.... klo jalan ke makro tp sekarang uda jd lotte mart...
    suka ada barang2 bento di dikeranjang2 gede...

    ReplyDelete
  14. waah...semakin banyak alat tempurnya jd tambah semangat ngebentonya ya mba win...banyaak bangetttt nih...*mupeng deh..

    ReplyDelete
  15. berarti telur-nya harus yang imut2 yah Win..nga bisa lebih besar dari cetakan telur ini..duuhh lucunyaaaa

    ReplyDelete
  16. berarti cetakan-nya tahan panas yah Win....nga mungkin lumer gitu di taro di teflon ya

    ReplyDelete
  17. hayo Tin, bikiinnn, ternyata gak sesusah yang dibayangkan kok...:), apalagi ada alat cetak nya...:)

    ReplyDelete
  18. kecil...gini, kalo sampe tercecer, lumayan juga yaaa nyesek,,,,

    ReplyDelete
  19. mantep nich bundanya devan..alat bentonya super duper komplet....
    jualan aja bund, pasti ibu2 MP sini pada pesen dech,termasuk diriku;-)

    ReplyDelete
  20. ini sebetulnya bisa di cuci lagi, asalkan di lap sampai kering setelah di cuci

    ReplyDelete
  21. ohhh ini pita nya? yang buat ngiket kotak manakannya?

    ReplyDelete
  22. bahannya terbuatd ari apa ya? kaya pita gitu?

    ReplyDelete
  23. dan imut2, hihih...makanya suka kalap kl ke daiso...:p

    ReplyDelete
  24. ukurannya normal kok Tin, gak susah dapat telurnya, tapi ya emang ga bisa yg terlalu besar juga...*jangan pake telur buaya n dino yaaa, hahahahha

    ReplyDelete
  25. yup, itu tahan panas sampai 240 der C

    ReplyDelete
  26. iyaaa, makanya aku simpan di kotak khusus Mbak Diz...hehehe

    ReplyDelete
  27. nori ada di all fresh, food hall, dan food mart (supermarketnya matahari)

    ReplyDelete
  28. heheh, wah ini mah masih belum seberapa komplet Mbak, masih ada wish list buat alat bento yang lain neh, hihi

    ReplyDelete
  29. lucu2...coba ada yang buatin aku bento kayak gini
    * lirik bunda devan

    ReplyDelete
  30. iya bahannya ky dari karet gt Mbak...

    ReplyDelete
  31. dari plastik gt, tapi memang didesain untuk makanan Mbak...jd aman...:)

    ReplyDelete
  32. hayooo bikin ndiriii, ntar kan kal udah ada yang dibikinin, jadi udah bisa ^_^

    ReplyDelete
  33. Aku mau aja beliin, kalo ada yang titip bund, cuma ya itu harganya aku profit dikit...heheh

    ReplyDelete
  34. wadow koleksinya dah mantab bgt *ngiler*. gw br punya egg mould, silicon mould, sushi roll dari kapan tau blom pernah dipake hahaha.
    ngeliat koleksi lo jadi mikir, enak ya klo jd tetangga lo, pinjem aja ;p

    ReplyDelete
  35. koleksimu dah banyak bener
    kupikir mo uplod hasil jadi nya hehhehe

    ReplyDelete
  36. uedaaaaaaaaaann..! tob pisan si bunda....
    coba dr dulu koleksi perbentoan ya win dr pada koleksi tas dan baju... heuheuheueue.. eh jam jugaa.. trus apa lagi win koleksi lu..? *siap2 dilempar rice mold*

    ReplyDelete
  37. belinya dimana ni win yg vege cutter..? di daiso ada ga?

    ReplyDelete
  38. waah dah banyak banget mbak.. aku nitip temen nih yang lg ke singapore, daiso disana kan lebih murah hehehe..*ga' mau rugi banget*

    ReplyDelete
  39. yg ini aku punya yang kereta api..:)

    ReplyDelete
  40. Waaaah banyak bangeeeet mba... duuuh pengeeen punyaa susah carinya ya mba... :)

    ReplyDelete
  41. duh belum ada bayangan... tapi baguus banget ni mba Winda... :D

    ReplyDelete
  42. Waaah TFS yaaa mba Winda... bener2 salut banget sama mba Winda... hebat deh bunda Devan :D

    ReplyDelete
  43. hihihi, hayukk pindah sakura...2 rumah sebelah gw mau dijual tuh...:)

    ReplyDelete
  44. nah ituuu Mba Esti, semoga sesuai ya sama hasil bikinannya, hahahaha

    ReplyDelete
  45. wkwkwkw, kan hasil lelang sepatu, tas, dan jam tangan jadi ini Bund...*kejar mak Aya pake rice mould..

    ReplyDelete
  46. iya Ra, di Daiso, itu barang2 diatas gw beli disana semua kok...kecuali egg mould

    ReplyDelete
  47. oww di daisoooo....
    he eh egg mould ga ada, iya win kmrn gw benernya kurang puasss... wiken ksana lagi ahhh...

    ReplyDelete
  48. iyaa, hihi, aku sampe beli 5 macamnya, abis lucu semua :D

    ReplyDelete
  49. aku dah cobain pake ini wiken kmrn, seru bangettt, cuma kuningnya aku pecahin, soale lama banget nunggu mateng sampe ke dalem, hihihi

    ReplyDelete
  50. di sekitaran BSD ada Grand Lucky ktnya Deb, coba deh cari disana...:)

    ReplyDelete
  51. di BSD ktnya ada Grand Lucky ya Deb, disana katanya ada juga, or kalo mau lebih mudah ya beli di OS, tuh udah aku kasih addressnya diatas :)

    ReplyDelete
  52. kan aku kasih cara pakainya di setiap gambar, gampang kok Deb buatnya :)

    ReplyDelete
  53. haduhh ini mah gak hebat atuh, yg hebat ituh kalo udah bikin bentonya macem2, hahahaha...kalo disini aku emang sharing fungsi dan cara pakai alat2 perbentoan aja kok :)

    ReplyDelete
  54. keren wind...bikin gw ngiler ma koleksi lu yang ini...

    ReplyDelete
  55. bisa dicuci kok Ummu, asal dikeringkan dengan sangat kering supaya gak lembab, karena ini bahannya plastik :)

    ReplyDelete
  56. LHo...lho...lho... kok jadi ber-anak? perasaan kmarin2 ga segini banyaknya =)
    Kabuuuuuuuuuuuuur

    ReplyDelete
  57. Langsung ga pengen ngapa2in n ke Daisho!
    *murung

    ReplyDelete
  58. hihihi, kan udah hamilnya kmrn 2 minggu aja, wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  59. tancappp gasss ke Daiso...heheheh...umm Zalfa pasti senengg bangettt...:)

    ReplyDelete
  60. mba selain pake nori itu pake apa ya mba? kali aja ada pake daun apa gitu yang gampang hehe..

    ReplyDelete
  61. kalo untuk puncher, hanya bisa lembaran yang tebelnya senori itu atau kertas Mbak Vit. Kalo daun yg ukurannya tipis bisa juga kok di cetak pake nori ky bayem atau pakcoy....:)

    ReplyDelete
  62. masih aja nengokin album ini, ngileeer hehe

    bund, foto2nya bisa gak dilengkapi harga, ya kalo ngga harga sesungguhnya ya harga mendekati deh :), buat perkiraan budget

    ReplyDelete
  63. Ummu, semuanya itu harga beli di Daiso nya Rp. 22,000 / pcs. Ada alat cetak yang aku beli di OS dan toko lain, nanti aku update di album ini yaaa beserta dgn harganya..:)

    ReplyDelete
  64. Mba Win... jadi pengen niy... kalo bwat pemula, alat mana yg wajib dibeli dulu...

    ReplyDelete
  65. hi Mbak Hen...yuukk bikinn :)
    Kalo untuk pemula, cetakan nasi (rice mould), vege cutter, cheese cutter, dan egg mould ok juga, udah bisa buat nasi, sayur, dan daging/telur, dan keju :)
    Met mencoba...

    ReplyDelete
  66. mb, koleksinya keren2.
    klo produk lokal belum ada yah?
    aku dah liat hrgnya di OS, lumayan jg euy.

    ReplyDelete
  67. hai Mba, salam kenal...:)
    Iya produk lokal belum ada kayanya kecuali cetakan agar2 ya, makanya harganya emang mayan mahalll...:p

    ReplyDelete
  68. Waahh..lengkap bgd...=)
    menambah selera mkn nih yah...hebat hebat...rajin niy make devan...=)

    ReplyDelete
  69. hihihi, di niatin biar devan semangat sekolah :)

    ReplyDelete
  70. ya ampyunnnnn...mbak win, banyakkk amat, bikin mupeng

    ReplyDelete
  71. hehehe, jadi malu...ho'oh neh Bund, mupeng mlulu, soalnya pergerakannya cepet banget di Daisho, jd ketika lihat, mending lgs ambil deh, krn tools ini masih mahal siy kl di OS

    ReplyDelete
  72. iya pas aku liat di OS mahal banget, tinggal ke daiso kapan neh...belom kelakon, padahal katanya banyak yg lucu ya mbak

    ReplyDelete
  73. makjang, jd ngiler liat koleksi lu Win...

    ReplyDelete
  74. nyari yg ky gini, blom nemu2 euy :(

    ReplyDelete
  75. hihi, hayuk tambahin lg koleksimu buat Bang Arsa, makkk

    ReplyDelete
  76. di sogo food hall kmrn gw lihat masih lengkap, harganya Rp. 27rb, kalo loe mau nitip, ntar gw beliin pas kesana

    ReplyDelete
  77. ini ada di Daisho Mak, cuma smp skr, gw belum bs makenya, ga sabar masukkin kecap ke dalam botol ini pake pipet, hihihi, keciiilll banget mulut botolnya, ampun daahh, mending gw tampung di food cup deh tuh kecap :p

    ReplyDelete
  78. maaaakkkkkkk................ nyontek alat2nya yaaaaa.............

    *udah nyicil sebagian........... lagi nyari contekan yang laen :D

    ReplyDelete
  79. silahkaannn, kan emang jurnal ini dibuat untuk di share :), nanti share juga ya hasil bentonyaaa, buat tukeran ide :)

    ReplyDelete
  80. mau mau mauuuu :D
    baiknya dirimu Win...
    gw PM yeee, hihihihi

    ReplyDelete
  81. Hiiii..mupeng..=)
    Weekend ini maAau aaah ke daisho..
    Shakila ud mau masuk preschool niy..
    Nanti kl bingunbg cara pakainya, akyu tanya dirimyu boleeh yah..**blink-blink**

    ReplyDelete
  82. ninggalin jejak dulu ya mak...niat mo bikin bento jg nih :)

    ReplyDelete