Friday, August 27, 2010

[Share] BS atau Maid yaa???

Semingguan ini aku memang lagi urus pencarian dan seleksi pengganti pengasuh Devan untuk setelah lebaran nanti, karena seperti yang pernah diceritain disini, bahwa Erna, nanny nya Devan selama hampir 2 tahun ini akan menikah, dan rencananya akan ikut suaminya ke Samarinda sana, karena calon suaminya tugas disana.

Sedih dan kehilangan sangat kurasakan, tapiii tidak boleh berlarut2, harus segera cari ganti dan sudah pasti ada sebelum lebaran, agar setelah kembali dari cuti nanti, semua sudah beres, aman, terkendali

Nah, sempat terbersit untuk ganti pakai maid biasa, selain karena alasan Devan sudah besar, sudah sekolah, juga aku berencana untuk program memberikan adik lagi buat Devan, shg aku ingin melatih Devan terbiasa dengan maid, karena ada kemungkinan kalo adiknya lahir nanti aku kembali pakai BS (*hamil aja belum, udah sepanjang itu plannya, hihi), daann gak mungkin dobel2 BS, karena gak sanggup biayanya

Tapiii, untuk kondisi saat ini, cari maid biasa, sudah aku pesan jauh2 hari sebenarnya, tetapi masih belum dapat yang cocok, mamaku sampe bilang, jangan bandingkan dengan BS yg dr segi ketrampilan saja sudah berbeda, yaa aku bilang, aku jg dulu waktu Devan lahir sampai usia setahun pakai maid biasa, dan cocok, jadi ya memang belum cocok saja untuk para mbak yang ditawarkan ini.

Terus terang aku malas menghadapi problem di tengah2 ketika nanti si maid sudah kerja, tapi terus minta pulang mendadak karena tidak terikat perjanjian secara tertulis. Kondisiku sebagai ibu bekerja mengharuskan diriku sendiri untuk menyelesaikan dengan proper segala sesuatunya di awal, agar tidak ada kondisi yg tidak diinginkan di tengah2 nanti, yak, aku terbiasa dengan planning dan target, mau tidak mau, akupun menerapkan itu dalam keseharianku. Walaupun ada yang melenceng dari target, setidaknya masih bisa meminimalkan resiko...

Kembali kepada pemikiran itu dan waktu yang berjalan terus, setelah berdiskusi dengan Ayah, dengan komitmen, bahwa segi biaya pun kembali masuk dalam budget bulanan, akhirnya dengan mantap aku telepon yayasan tempat ambil Erna dulu, Yayasan Surya Wijaya di Ponorogo sana.

Setelah menginformasikan kepada ibu yayasan bahwa Erna tidak akan kembali, Bu Narti pemilik yayasan langsung menginfokan akan segera mencarikan sesuai kriteriaku. Aku senang berbicara dan ngobrol dengan ibu pemilik yayasan ini, dia sangat mengerti kondisi ibu bekerja, sehingga tidak pernah mengizinkan para BS nya mudik dalam waktu yg sangat lama, pasti akan disesuaikan dengan jadwal masuk para ibu.

Dan si Ibu sangat bertanggung jawab mengurus para BS nya, dengan manajemen yang rapi dan tertata baik, tidak heran, banyak sekali para ibu di Jakarta ini yang mempercayakan anak2 mereka kepada BS yang berasal dari yayasan ini. Terbukti ketika antar Erna pulang ke cabang di JKT, 5 bus besar sudah berjajar untuk memulangkan para BS ini ke kampung halamannya.

Setelah 2 hari dari pemesanan, tepatnya Rabu lalu, saya diinformasikan melalui sms, BS nya sudah ada, diberikan nama, usia, pengalaman bekerja, dan no HP untuk keperluan interview.

Akhirnya setelah mempersiapkan seluruh pertanyaan yang ingin aku tanyakan kepada BS, aku  menghubunginya sehari setelah kabar tsb. Aku tanyakan semua yang kuketahui dari anak ini, usianya 18 tahun, anak ke 3 dari 3 bersaudara, lulusan SMP, pengalaman kerja belum ada, tetapi dia bilang kalo niat bekerja mengasuh anak. Yak, memang aku minta BS yg baru lulus dari Bu Narti, agar aku bs memprogram jg dari awal, tetapi dengan modal dasar pendidikan perawatan anak yang pastinya sudah diajarkan bu Narti selama 3 bulan selama pendidikan BS.

Nah setelah cocok dengan jawaban2 yang diberikan oleh si BS, akhirnya aku mintakan hasil test kesehatannya dikirimkan melalui fax, untuk kebutuhan ini aku keluarkan biaya ekstra. Alhamdulillah sudah selesai semuanya, jadwal pengantaran sudah ditentukan dan tinggal menunggu datang saja, Alhamdulillah...

Nah, itu pertimbanganku mengapa kembali memilih BS dibandingkan maid, karena memang kondisiku tidak memungkinkan untuk menunggu maid yg siap bekerja ketika aku sudah harus masuk kantor kembali. Mama adalah orang yang paling bisa diandalkan, tetapi seminimal mungkin aku tidak ingin merepotkan beliau, karena walopun dengan BS baru, tetap saja sebulan pertama, mama akan bantu untuk monitor di rumah walopun tidak full day, karena masih ada papa dan adikku yang harus diurus Mama di rumahnya.

Tetapi dengan segala persiapan yang sudah dijalankan, dan bila nanti di tengah mudik, aku dapat maid yang bisa aku percaya untuk menjaga Devan, cocok denganku, dan niat bekerja hanya pulang 1 tahun sekali yaitu lebaran, aku bisa cancel BS ku dan pakai maid, Alhamdulillah lebih irit pastinya


51 comments:

  1. Waaah mba win, aku barusaaaan aja bahas2 soal BS ama papikhansa, kayaknya mulai akhir tahun ini aku berencana utk ga pake BS lagi buat khansa, krn insyaAllah dede'nya mau nongol hihii. Malah berencana utk adeknya khansa nanti jg ga pake BS, pengennya pake ART biasa ajaaa.. krn aku butuhnya 3org, 1 bwt khansa, 1 bwt adeknya, 1 bwt ngurus rumah. Huaaaa kebayang deh pengeluaran utk para asisten hihiii.

    Eniwei... calon dede'nya Devan udh mulai diprogram ya?? hihiii

    ReplyDelete
  2. sama..si sherly jg desember mau pulang dan dia msh belum pasti mau balik atau tidak..haha...dipikirin nanti aja dah..klo sherly ini dia udh 2 tahun ikut aku dan gak pernah pulang. jd desember nanti adalah mudik pertamanya setelah 4 tahun kerja (2 tahun sm ibu ku di makassar)...smoga smuanya berjalan lancar ya mba win

    ReplyDelete
  3. semoga semua lancar dan sesuai yg di inginkan....
    amiinn

    ReplyDelete
  4. Semoga mba barunya bisa sebaik erna ya win... *masih sedih erna mau merit* T___T

    ReplyDelete
  5. smg sma lancar , n BS baru setelaten mba Erna..

    ReplyDelete
  6. waah...ngambilnya jauh jg ya mba win dari ponorogo, smg BS barunya awet lagi yaa...

    ReplyDelete
  7. maid atopun nanny..aq doain semoga dia bisa sayang dengan tulus ke devan..amieen...

    ReplyDelete
  8. iya Mam, memang hrs dipertimbangkan baik2, makanya aku share pertimbanganku disini knp memilih BS drpd maid untuk lanjutan Erna :)
    *Insya Allah program adeknya devan akan segera dimulai, hahahaha

    ReplyDelete
  9. wah asik banget ya Dee, punya maid yg jarang mudik adalah impian setiap ibu, hihi...amiinn makasih ya Dee...

    ReplyDelete
  10. hiksss, andai boleh memilih...tp gw tetep optimis Ra, krn gwnya hrs positif thinking neh spy dapet BS yg sama baiknya dengan Erna :)

    ReplyDelete
  11. iya neh Cut, aku dah kadung cocok sm yayasan ini, dan lg admin cost nya dibandingkan yayasan di JKT kok ya murahan aku ambil dr ponorogo ini :)

    ReplyDelete
  12. bunda ay ga boleh sedih di atas kebahagiaan mbak erna (pernikahan) hehee...

    buat mba wanda, smoga maid ataupun bs nantinya bisa cocok dan betah ya mba dan sayang ama devan juga

    ReplyDelete
  13. semoga diberikan jalan yang terbaik deh, maaf ga bisa kasih masukan

    ReplyDelete
  14. semoga sesuai harapan ya bund...
    aku juga baru ganti maid yg momong salwa baru 2 kali..yg pertama dari 0-35 bln...yg kedua (anak asuh paklik) baru 2 bln ini momong salwa, tp habis lebaran ngga balik krn mau ngelanjutin ke pesantren...
    Alhamdulillah habis lebaran udah ada maid baru...udah dicariin ibu mertua, udah diwawancarai..dan sepertinya sesuai kriteria...
    selama ini aku cuma pake maid yang momong salwa, dan bibi yg urus rumah (pulang hari)...semua maid yg kerja dirumahku semuanya dicariin ibu mertua, alhamdulillah mmg udah kenal keluarganya dikampung

    ReplyDelete
  15. Maid jg gapapa mb. Asal emang bisa di didik. Aku jg membajak maid nya mamaku niy tak ambil u momong Altaf persiapan nanti ada adiknya.

    ReplyDelete
  16. iya mba, masalah yg satu ini memang dilema banget buat para ibu yg kerja kantoran. Klu maid mah untung2-an ya. Klu pas dpt yg bagus ga perduli umur masih muda jg, hasil kerjanya memuaskan.
    Tp klu maid, kita hrs sabar melatihnya apalagi soal kebersihan yg paling no.1 dech klu ngurus anak2 selain itu juga harus yg sabar dan mau ngemong.
    Mudah2-an, BS pengganti ini sesuai dgn harapan bunda ya

    ReplyDelete
  17. Apapun yg terpenting kerjanya oke, telaten n sayang ama Devan. Gw gak punya pengalaman soal beginian nih hehehe.
    Yg terpenting, ditunggu kabar calon adeknya Devan ;-)

    ReplyDelete
  18. Amiin...semoga cocok dan betah ya win..

    ReplyDelete
  19. Mudah2an devan dpt pengasuh yg terbaik, yg sabar dan sayang pastinya.. :)
    Ngambil bsnya jauh juga ya mbak win, ampe ke ponorogo..

    ReplyDelete
  20. win, boleh pm no telp n biaya dr yayasan itu ga?
    lg pengen cari yg bisa dipercaya juga euy...

    ReplyDelete
  21. iya Tik, cm karena sampai sekarang belum dapet kepastian tentang si Maid ini, makanya aku ambil yang cepat dan pasti ada dulu...yaitu BS :p

    ReplyDelete
  22. Ini nama yayasannya Mbak, Yayasan Surya Wijaya (Ibu Sunarti) 0812 3433 275, Insya Allah semoga cocok :)

    ReplyDelete
  23. amiinn, makasih Mba Anti :)
    Iya neh, karena aku ambil Erna dari sana, makanya ambil pengganti pun dari sana juga :)

    ReplyDelete
  24. Amiinnn :)
    Adeknya Devan, sippp, lepas spiral dulu yak, hihihi

    ReplyDelete
  25. iya Bund, darimanapun itu yaa, yang penting bs dipercaya dan sayang sama anak2 kita selama kita tidak di rumah...:)

    ReplyDelete
  26. smg dapet maid yg cocok ya mba so bs ngirit hehhehe
    mudik kemana mba nanti ?

    ReplyDelete
  27. Gue doain pengganti Erna jg amanah spt Erna ya win, amiiin. Gue juga mau gak mau harus nambah satu maid lagi nih di rumah dgn kehamilan gue, padahal tadinya gak planning nambah maid samsek. Tapi yg ngurus bayi nanti tetep Arni, secara gue gak percaya kalo selain Arni hehehe maid yg baru khusus ngurus rumah aja sama ngajak main Kasih, kalo Haura sih udah gede, udah bisa maen dan ngurus dirinya sendiri :)

    ReplyDelete
  28. amiinn, iya neh Mba Esti, aku msh berharap dapet maid, hihi, krn pengen cost saving plus devan kan sudah besar...
    Insya Allah mudik ke Pekalongan n Tasik neh...:)

    ReplyDelete
  29. iya ya Na, harus ada maid satu lg karena akan hadir si kecil adeknya Haura Kasih, amiinnn semoga pengganti Erna nanti siapapun itu amanah spt Erna, tks ya Na :)

    ReplyDelete
  30. semoga yang ini lebih baik dari Erna ya Win..amiiinnn

    ReplyDelete
  31. sama baik dan semoga lebih baik, amiinn :), tks ya Tin...

    ReplyDelete
  32. hebaat udah well prepared euy...
    smoga dapet yg tbaik yaa..

    ReplyDelete
  33. gw ga bisa ksh masukan, malah mau nanya2 soal maid.. ym yak ;p

    ReplyDelete
  34. klo dapatnya BS jg gpp wiin.. siapa tau lgs berhasil programa adiknya devan pan? jd ntar itu jd BS-nya adek, trus Insya Allah si maid yaa jd maid *halah... liyeur*

    ReplyDelete
  35. maaf ya win, ngga bisa kasih masukan...apapun yang di dpt, semoga semua memang sayang ma devan..aminn

    ReplyDelete
  36. hihihihi, ho'oh siy Bun, tp kl dapetnya maid duluan, mau pake maid aja dulu, biar Devan terbiasa lagi, toh kalo buat adiknya, kan belum tau juga apakah langsung dikasih atau masih nunggu waktu :), tks anyway yaaa...

    ReplyDelete
  37. hehehe, gpp Nie, makasih yaa, aminn untuk doanya :)

    ReplyDelete
  38. hehehe iya bener ummi... semoga nanti pengganti mba erna cocok sama devan.. nuhun udh diingetin.. ^^

    ReplyDelete
  39. even SAHM like me also have the same question...
    dulu sekali waktu cuma ada nav, gw yakin dan pede bisa urus semua sendiri... tapi ketika gw akhirnya sering kewalahan (i know, i'm just so spoiled *sigh*), gw sama andi akhirnya memutuskan untuk mencari "teman" buat gw di rumah. sempet juga gw ngerasa 'kok manja bener ya gw, padahal gw di rumah aja, kenapa perlu BS'. kalaupun akhirnya kita akan pilih BS, itu semata karena kita butuh yang bukan cuma bisa nemenin nav, tapi juga zam kalau gw lagi "sibuk" dengan salah satu (pengalaman sekarang, it can be stressful for me as well as the boys... i just dont want either one to be neglected (let alone, feel neglected)).
    bener yg pernah lo bilang wind, kita serahkan sama Allah... minta dipilihkan yang terbaik ;-)
    titip doa ya wind... *masih suka sedih mikirin ga bisa ngurus duoN sendiri*

    ReplyDelete
  40. hugssss Febi, semua keputusan ada dengan pertimbangan sesuai penglihatan diri kita sendiri Feb, apapun itu yang tahu adalah diri kita sendiri akan kemampuan kita, daripada sedih berlarut2, buang hal2 demikian ke arah yang positif dengan cara memakai waktu kita lebih banyak untuk belajar parenting, tetap tanamkan pd anak2 kita walopun pengurusan mereka sehari2 diserahkan kepada asisten, bahwa kita ibunya, kita yang sangat tahu apa yang terbaik untuk mereka, justru kalo kita kelelahan sampai ga punya waktu untuk diri sendiri, itu tidak sehat juga untuk perkembangan anak2 dan juga kita sendiri, karena anak2 akan lihat ibunya murung dan terkadang uring2an :), so jangan pernah menyalahkan diri sendiri, ambil semua hal positifnya, pake asisten bukan berarti kita ibu yang buruk, walopun kita ada di rumah, tp justru kita mengetahui secara detail siapa sebenarnya dan sejauh mana batas kemampuan kita.....tetap ceria yaaa....kita sama2 berdoa semoga anak2 kita slalu sehat jasmani dan rohaninya, amiiinnnnn

    ReplyDelete